Breaking News
Loading...
Friday, March 6, 2015

Pembakaran Hutan Merusak Dunia

Friday, March 06, 2015


Pembakaran Hutan Merusak Dunia

Pembakaran hutan Merusak Dunia.


Hutan adalah paru-paru dunia, begitulah seruan yang diberikan dunia terhadap pentingnya arti hutan untuk keselamatan dunia atas iklim yang semakin parah sekarang ini. Tumpuan terhadap hutan menjadi paru-paru dunia kini diberikan kepada Indonesia karena dari banyak negara dunia yang berhutan lebat hanya Indonesia yang mempunyai cadangan jauh lebih banyak untuk memperbaiki iklim yang telah rusak akibat hutan yang dipangkas habis.

Belakangan ini banyak terjadi pembakaran hutan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk berbagai tujuan tanpa memperhatikan dampak negatif yang dihasilkan dari tindakan tersebut. Pembakaran hutan yang dilakukan dapat mengakibatkan banyak kerugian yang diderita seperti terganggunnya jarak pandang saat berkendara, terganggunya pernafasan masyarakat, dan bisa mengakibatkan kebarakan rumah-rumah penduduk disekitar hutan.

Bagi makhluk lain seperti fauna adalah menyakitkan menyebabkan mereka harus kehilangan rumah mereka serta diantara mereka akan ada yang mati ketika kebakaran terjadi. Berbeda pula yang harus diderita negara akibat dari kebakaran hutan yang terjadi ialah besarnya anggaran dan tenaga harus dikeluarkan untuk memadamkan api dan mencoba mereboisasi kembali hutan yang gundul tersebut.

Bijak mengetahui dampak negatif yang begitu besar dari pembakaran hutan akan lebih mengerahkan tindakan bagi orang-orang untuk lebih berpikir dalam membuka lahan dengan tepat tanpa harus melakukan pembakaran hutan. Disamping itu istilah paru-paru dunia yang diberikan bagi hutan bukanlah main-main disebabkan hutan adalah tempat dari banyaknya pepohonan, ribuan jenis tumbuh-tumbuhan, dan beragam jenis fauna.

Hutan sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak seperti menyerap CO2 (Karbon Dioksida) yang dikeluarkan manusia dan mengeluarkan O2 (Oksigen) yang dibutuhkan oleh manusia, hutan bisa menjaga erosi agar tidak terjadinya banjir serta hutan mampu menjaga kekeringan ketika musim panas melanda, tak kala hebat juga hutan dapat untuk menyimpan air yang ditumpahkan hujan sebagai cadangan air yang dibutuhkan makhluk hidup yang lain termasuk manusia. Sedari mengetahui dari banyaknya manfaat yang bisa diberikan hutan pada semuanya kiranya penting menjaga hutan itu untuk membawa keharmonisan antar mahkluk hidup yang saling membutuhkan satu sama lainnya.

Hutan Indonesia tercatat sebagai salah satu paru-paru dunia dari tiga hutan lainnya yakni Hutan Amazona di Brazil dan Hutan Kongo. Bila mengetahui hal tersebut tumpuan serius dunia kepada Indonesia untuk terus dapat merawat, menjaga serta mengelola dengan baik hutannya akan dapat berguna banyak terhadap perbaikan iklim dunia yang semakin memburuk. Terjadinya kebakaran hutan yang terjadi membawa masalah - masalah yang harus ditanggung bersama yang itu bukan hanya ditanggung oleh masyarakat Indonesia sendiri tapi juga masyarakat negara lain harus menanggung resikonya. Dari itu dapat merusak cita Indonesia dimata dunia karena masih kecolongannya terhadap terjadinya tindakan atas kebakaran hutan untuk lahan bisnis.

Peletakan bisnis semata banyak membuat orang-orang ataupun yang lingkup besar yakni perusahaan begitu mudahnya melakukan pembakaran hutan demi lancarnya bisnis tanpa memperhatikan lingkungan sekitar serta dampak kedepan yang terjadi. Hal ini sangat dibutuhkan peran negara untuk menindak serius pelanggaran hukum untuk langkah penyelamatan hutan dari tindakan pembakaran yang mengikis paru-paru dunia.
Seringnya terjadinya kebakaran hutan di Indonesia dengan luas yang tidak tanggung-tanggung akan sangat mengkhawatirkan untuk mewujudkan cita-cita bersama bahwa hutan Indonesia menjadi paru-paru dunia.

Yang dibutuhkan peran bersama selain dari negara juga elemen-elemen solidaritas untuk lingkungan akan mampu memberikan penyelamatan untuk hutan Indonesia dengan berbagai cara yang dilakukan. Terciptanya penyelamatan hutan oleh negara serta oleh elemen-elemen masyarakat lainnya bisa berimbas langsung terhadap penyelamatan banyak hal dengan menghindari bencana alam yang bisa terjadi.

Bersama dari hutan kita merupakan sebagai paru-paru dunia harus mampu dikelola dengan baik maka menghadirkan keuntungan tidak hanya materi dalam pembangungan ekonomi bangsa namun lebih dari keuntungan yang diperoleh dapat diterima dari pentingnya pengelolaan dengan baik. Dan pesan penulis bahwa tidak perlu hutan kita dibakar lagi hanya sekedar membuka bisnis semata.

Demikianlah Seo Blog Jr dapat menuliskan artikel tentang Pembakaran Hutan Merusak Dunia. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik Artikel

 
Toggle Footer