Breaking News
Loading...
Saturday, June 11, 2016

Beberapa Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Haus Dan Dehidrasi Saat Puasa

Saturday, June 11, 2016

Photo Copyright belitung.tribunnews.com

Air adalah cairan terpenting yang mampu meredakan dahaga Anda setelah berpuasa seharian penuh. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengonsumsi cukup air saat berbuka puasa dan lupa memperbanyak minum air putih hingga kembali berpuasa keesokan harinya. Bahwa 60 hingga 70 persen tubuh Kita terdiri dari air dan penurunan asupan air dapat memengaruhi sel-sel dan saraf tubuh menjadi kurang berfungsi dengan baik. Di sinilah letak pentingnya menggantikan asupan air selama berpuasa saat Anda berbuka.

Itu karena dehidrasi mampu mengakibatkan konstipasi, sakit kepala, rasa lelah dan kulit kering. Dehidrasi adalah salah satu hal yang paling sering dihadapi muslim yang berpuasa selama Ramadan. Rasa haus memang salah satu hal yang susah dihadapi, tapi jangan sampai ini jadi alasan membuatmu membatalkan puasa ya.

Karena sebenarnya ada tips dan trik sederhana untuk menjaga tubuh tetap fit dan tak mudah haus selama Ramadan. Ini yang kamu perlukan agar tak mudah haus.

1. Rutin Minum 8 gelas Air.

Minum air 8 gelas selama waktu buka puasa hingga menjelang sahur. Hindari minum minuman terlalu manis semacam kolak dan teh segera saat buka puasa. Awali dengan minum air putih 1-2 gelas dulu. Air akan mengganti elektrolit tubuh, beri jeda, setelah itu baru menikmati takjil atau makanan lainnya untuk berbuka.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Pedas Ketika Sahur

Mengonsumsi makanan yang pedas ketika sahur dapat membuat tubuh Anda lebih cepat haus ketika menjalani puasa seharian. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari makanan yang terlalu asin karena hal itu dapat meningkatkan kebutuhan cairan tubuh sehingga Anda akan lebih cepat haus.

3. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Garam

Jangan menggunakan terlalu banyak garam saat memasak makanan untuk berbuka puasa atau sahur. Hindari pula makanan-makanan yang mengandung garam tinggi, seperti gorengan, makanan kalengan atau makanan yang diawetkan karena akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

Ganti camilan tak sehat dengan buah-buahan segar seperti semangka, pepaya, melon dan lain sebagainya yang berserat, bergizi dan kaya air. Sayuran juga jadi makanan sehat yang mampu mempertahankan air dalam tubuh, tidak membuatmu cepat haus.

5. Jangan Melakukan Aktifitas Yang Kurang Bermanfaat

Pada saat berpuasa jangan melakukan aktifitas yang kurang bermanfaat, jika biasanya Anda berbicara dengan suara yang keras, mungkin saat puasa Anda bisa menurunkan suara Anda. Hal itu baik untuk menghemat energi dalam tubuh Anda agar terhindar dari rasa mudah haus saat berpuasa.

Pastikan juga saat sahur kamu minum air putih yang cukup ya. Jadi, coba terapkan sekian tips di atas, siang hari puasa tak akan terasa lelah dan cepat haus karena tubuhmu menyimpan air cukup untuk menghadapi puasa seharian.

(Sumber : Vemale.com dan viva.co.id)

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik Artikel

 
Toggle Footer