7 Manfaat Guest Posting untuk Website

Manfaat guest posting untuk blog dan website

Guest blogging jadi salah satu strategi SEO yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi penulisnya.

Dengan menjadi penulis tamu, kamu diharuskan untuk membuat artikel untuk bisa diposting di website yang menerima guest posting. Nantinya kamu bisa mendapatkan imbalan berupa backlink yang mengarah ke website kamu sendiri, biak nofollow atau dofollow sesuai kesepakatan bersama.

Guest posting sendiri masih menuai banyak pro dan konra karena cara ini banyak disalahgunakan oleh pelaku black hat SEO untuk mendongkrak popularitas sebuah blog. Namun jika dilakukan dengan benar, maka guest blogging bisa mendatangkan beberapa manfaat sebagai berikut.

1. Meningkatkan Trafik Web

Ada berbagai opsi untuk meningkatkan trafik website kamu. Salah satunya adalah dengan menjadi penulis tamu di website lain.

Jika tulisan yang dimuat di website tersebut menarik, bukan tidak mungkin orang lain akan tertarik dengan tulisan kamu yang lainnya. Dengan begitu mereka akan secara sukarela mengunjungi website kamu.

BIla kamu ingin mendapatkan benefit ini, maka kamu bisa melakukan riset kecil terlebih dahulu. Dengan mengabaikan rating sebuah website, kamu bisa memilih website yang memiliki jumla trafik yang besar, atau memiliki engagement tinggi di sosial media.

Semakin besar trafik yang mereka miliki, semakin besar pula potensi trafik yang bisa kamu dapat.

2. Meningkatkan Jumlah Follower Sosmed

Di luar backlink, website yang menerima guest posting umumnya akan mencantumkan profil penulis pada artikel yang mereka publish. Tidak jarang pemilik website juga menyertakan deskripsi singkat serta akun sosial media penulis.

Tidak cuma itu, akun kamu pun bisa juga di-mention saat pemilik website membagikan artikel guest posting kamu ke akun mereka.

Dengan cara ini, menjadi penulis tamu akan secara tidak langsung meningkatkan jumlah orang yang mengunjungi halaman profil kamu. Dan bukan tidak mungkin followers kamu akan bertambah dengan cara ini.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Orang akan merasa lebih senang dengan nama yang dapat dikenali, terutama ketika terlibat dengan bisnis. Sayangnya butuh beberapa tahun untuk menjadi merek yang stabil dan dapat dipercaya.

Guest blogging adalah cara yang mudah untuk membiarkan industri dan klien potensial tahu bahwa sebuah brand itu ada. Dengan menjadi penulis tamu di website yang terpercaya, brand awareness yang kamu tunjang pun akan meningkat dan lebih banyak diketahui orang lain dibanding sebelumnya

4. Meningkatkan Otoritas Domain

Umumnya penulis tamu akan mendapatkan imbalan berupa satu tautan ke situs web penulis. Tautan ini bisa saja diletakkan di bagian biografi penulis atau langsung di postingan kamu.

Tautan ini akan meningkatkan SEO dan profil backlink situs web, tergantung seberapa besar otoritas domain penerbit. Untuk memeriksa otoritas domain situs mana pun, kamu bisa menggunakan MOZ, Prepostseo, Ahrefs, dan banyak lainnya.

Aktivitas SEO terbaik dan paling sukses adalah backlink yang diperoleh melalui guest blogging. Hal ini bisa meningkatkan kredibilitas website kamu secara signifikan, terutama jika kamu menulis posting di niche yang relevan, dan mempostingnya di situs web dengan otoritas domain tinggi.

Semakin banyak guest posting yang kamu lakukan, semakin banyak backlink yang akan kamu dapatkan, yang pada akhirnya akan memperkuat profil backlink website kamu.

5. Meningkatkan Otoritas Website pada Niche Tertentu

Menjadi penulis tamu adalah cara yang tepat untuk meningkatkan otoritas kamu di niche tertentu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menulis artikel di website yang memiliki niche yang mirip atau relevan dengan website kamu sendiri.

Bila dilakukan dengan benar, maka mesin pencari seperti Google akan menilai tinggi reputasi kamu saat membahas niche tertentu. Meski begitu kamu harus melakukannya secara konsisten dan tidak banyak melenceng dari niche yang kamu bidik.

6. Memperluas Network

Mengurus blog/website tidak ubahnya seperti mengurus bisnis pada umumnya. Di sini, jaringan pertemanan atau network juga berperan penting dalam perkembangan website kamu.

Jika kamu bisa menulis artikel yang tidak hanya mendatangkan menfaat untuk kamu, tapi juga si pemilik blog, maka kamu bisa meningkatkan reputasi kamu di mata blogger/webmaster lain. Bukan tidak mungkin kerjasama tersebut akan bertambah di lain waktu.

Jadi meski kamu harus menulis untuk orang lain, pastikan kamu tetap memberikan yang terbaik untuk keberlangsungan kerja sama kamu serta menjaga reputasi kamu di dunia maya.

7. Mendapatkan Uang

Uang mungkin jadi hal kesekian saat membicarakan masalah guest posting. Tapi nyatanya, ada beberapa situs yang membayar kamu untuk setiap artikel yang lolos seleksi dan diposting di website mereka.


Itulah dia beberapa manfaat guest posting. Meski tujuan utamanya adalah untuk mencari backlink berkualitas dan meningkatkan domain authority blog, nyatanya kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain yang tidak kalah baiknya dalam membantu mengembangkan blog kamu. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama