7 Website Builder Terbaik untuk Segala Keperluan

Website builder terbaik

Dahulu membuat website hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman saja, mulai dari menyusun kode dari awal hingga menggunakan tools dengan tampilan WYSIWYG yang lebih canggih. Untungnya kini ada website builder yang mempermudah proses tersebut.

Website builder adalah solusi bagi siapa saja yang ingin bisa membuat website dengan mudah dan cepat tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam.

Kamu dapat membuat website menggunakan template yang sudah disediakan, atau membuat tampilan website kamu sendiri menggunakan metode drag and drop.

Beberapa website juga memungkinkan kamu untuk menambah atau mengurangi fitur menggunakan plugin atau addon. Dengan begitu kamu bisa memiliki website yang sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

Saat ini ada cukup banyak website builder yang bisa kamu pilih. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa website builder terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. Wordpress

Tidak dipungkiri jika Wordpress adalah content management system (CMS) yang paling banyak digunakan.

Wordpress sendiri terdiri dari wordpress.com dan wordpress.org. Bedanya, versi .com bisa langsung digunakan tanpa perlu membeli hosting, meski begitu kamu tidak bisa mengkustomisasi website dengan bebas pada versi gratisnya.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat penuh dari Wordpress, maka kamu bisa mengunduh dan menginstalnya sendiri, dengan terlebih dahulu membeli hosting.

Dengan Wordpress kamu bisa memuat website untuk keperluan apapun, mulai dari blog pribadi, portal berita, situs fotografi, instansi, company profile, landing page, dan masih banyak lagi.

Untuk masalah tampilan, Wordpress memiliki beragam pilihan tema yang bisa kamu pilih. Memodifikasi tampilan tema pun bisa dilakukan dengan mudah.

Dan salah satu kelebihan utama dari Wordpress adalah dukungan plugin yang memungkinkan kamu untuk menignstal fitur tambahan di luar fitur bawaan Wordpress.

2. Hubspot Website Builder

Hubspot adalah salah satu nama besar di dunia online marketing. Startup yang sudah ada sejak 2006 ini banyak memberikan konsultasi untuk membantu brands dan berbagai usaha kecil lainnya. Untuk mempermudah hal ini, mereka membuat website builder yang terintegrasi dengan mudah ke layanan mereka.

Hubspot menawarkan website builder gratis yang tidak hanya memudahkan kamu dalam membuat website, tapi juga tools untuk mengembangkan website seperti CRM, email marketing, live chat, dan masih banyak lagi.

Selain itu website builder ini juga terhubung dengan sempurna ke layanan yang dimiliki Hubspot, seperti layanan SEO, email marketing, hingga social media management.

Satu hal yang menarik, Hubspot memiliki fitur bernama adaptive testing yang memungkinkan kamu untuk memilih salah satu varian website. Setelah itu Hubspot bisa memonitor dan melakukan serangkaian test untuk melihat opsi yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

3. Wix

Wix adalah website builder yang sangat user-friendly dan memberikan kamu kebebasan penuh untuk mengontrol website kamu. Selain itu kamu pun bisa memodifikasi website dengan mudah menggunakan tools editing drag and drop dengan segudang fitur.

Wix website builder

Salah satu kelebihan Wix adalah beragam pilihan template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Masing-masing template bisa ditambahkan fitur seperti link sosmed, halaman website, dan masih banyak lagi.

Jika kamu kesulitan, Wix juga menyediakan teknologi AI (Wix ADI) yang bisa membantu kamu membuat website yang indah.

Dan sama seperti Wordpress, Wix juga memiliki banyak aplikasi gratis dan berbayar yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan fitur baru. Meski pilihannya tidak sebanyak Wordpress, kamu tetap dapat menemukan fitur yang esensial untuk website kamu.

4. Squarespace

Squarespace adalah website builder yang memudahkan penggunanya untuk membuat, mendesain, dan me-manage sebuah website. Kamu pun bisa membuat website yang tampak profesional dan membuat klien kamu terkesan.

Salah satu kelebihan Squarespace adalah desain template mereka, yang bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik untuk pribadi yang kreatif. Meski cukup rumit dibanding web builder lainnya, hasilnya akan sepadan dengan usahanya.

Lagipula jika kamu kesulitan dalam menggunakannya, Squarespace juga menyediakan knowledge center yang sanga lengkap. Di sini kamu bisa menemukan berbagai tutorial agar kamu bisa merancang website yang indah dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Dengan Squarespace, kamu bisa membuat situs web bisnis untuk bisnis. Kamu bahkan bisa mmembangun situs web pribadi untuk diri sendiri atau keluarga. Di Squarespace, kamu juga membuat blog. dan memposting pesan serta berinteraksi dengan pengunjung di kolom komentar.

5. Weebly

Weebly adalah web builder yang memungkinkan kamu membuat situs web online tanpa memiliki keterampilan pemrograman apa pun. Adanya Weebly sangat memudahkan kamu untuk mendesain, mengedit, dan memperbarui situs kamu.

Website builder ini cukup mudah digunakan, meski opsi desain serta modifikasinya sedikit terbatas dibandingkan kompetitor lain di daftar ini.

Weebly hadir dengan lusinan template yang dapat kamu gunakan sebagai titik awal untuk situs web kamu. Tanpe perlu jadi ahli dalam pembautan web, kamu bisa mengkustomisasi website dengan mudah hanya dengan drag and drop saja.

Jika kamu ingin membuat situs jual beli, Weebly juga dilengkapi dengan fitur-fitur penting untuk situs e-commerce.

Weebly dapat kamu gunakan gratis meski kamu hanya bisa membuat postingan dan halamam dalam jumlah yang terbatas. Kamu bisa menggunakan Weebly untuk membuat blog pribadi, blog bisnis, atau portofolio pribadi kamu sendiri.

6. Gator Website Builder

Sesuai namanya, Gator Website Builder adalah tools yang dibuat oleh HostGator, salah satu penyedia web hosting terbaik di dunia. Gator builder adalah solusi pembuatan situs web & hosting all-in-one yang menjadikannya pembangun situs web yang sempurna untuk bisnis kecil.

Gator website builder

Di sini kamu bisa mendapatkan website builder mudah yang memungkinkan kamu memilih dari 200+ template desain website profesional. Setiap desain dilengkapi dengan opsi kustomisasi sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk memodifikasi website sesuai selera kamu.

Untuk memperindah website, kamu bisa menggunakan berbagai item/widget seperti galeri foto, kolom, teks, peta, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa menyematkan gambar dari koleksi stock photo yang disediakan HostGator.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa membeli paket hosting apa saja dari HostGator.

7. Shopify

Shopify adalah salah satu nama besar jika kita bicara mengenai platform online yang memungkinkan penggunanya untuk menjual apapun secara online. Melalui plaform ini, kita bisa menjual beragam produk fisik dan digital kepada calon pembeli dari seluruh dunia.

Shopify sendiri hadir dengan website builder yang memudahkan user untuk membuat toko online mereka sendiri dengan mudah. Web builder ini pun sudah dilengkapi dengan beragam tools yang dapat memudahkan transaksi dan membantu mengembangkan online store kamu.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan fitur agar pembeli dapat memilih metode pembayaran serta opsi pengiriman mereka sendiri saat checkout. Shopify juga mampu menangani inventory dalam jumlah yang sangat besar dan kompleks.

Tidak ketinggalan, Shopify juga memungkinkan kamu untuk melakukan promosi kamu sendiri. Jadi pada momen-momen tertentu, kamu bisa memberikan diskon untuk lebih menarik minat pengunjung.


Itulah dia beberapa website builder terbaik yang bisa kamu pilih. Dengan alat tersebut, kamu bisa membuat website kamu sendiri meski tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Hasil yang kamu dapat pun tidak kalah dibanding buatan profesional.

Meski kebanyakan bisa dicoba secara gratis, akan lebih baik jika kamu menggunakan versi premiumnya untuk mendapatkan semua manfaat dari web builder tersebut. (ReviewBlogSEO.logspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama