7 Tools Riset Keyword Gratis Terbaik

Riset kata kunci jadi salah satu langkah penting dalam membuat konten SEO. Adanya keyword yang tertarget akan membuat konten kita lebih dimengerti oleh mesin pencari dan membuatnya lebih mudah untuk meraih ranking pada kata kunci tersebut.

Tidak cuma itu, kata kunci yang tepat juga bisa memastikan kita bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Sebagai contoh, long tail keyword adalah pilihan yang bisa memudahkan pemilik website untuk bisa bersaing dalam memperebutkan posisi teratas pada kata kunci utamanya.

Riset keyword sendiri bisa dilakukan secara manual, namun untuk mempermudahnya, ada beberapa tools keyword research gratis yang bisa dicoba.

Tools riset keyword gratis

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner jadi alat keyword research gratis yang menawarkan paling banyak fitur dibanding tools online lain di daftar ini. Tidak cuma itu, tingkat akurasi yang diberikan alat ini juga paling bisa diandalkan mengingat Keyword Planner terintegrasi dengan layanan seperti Google Ads.

Melalui tools ini, pemilik blog bisa melihat data mengenai kata kunci tertentu, seperti volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan hingga nilai cost per click alias potensi pendapatan yang bisa diperoleh oleh pemliik website.

2. Google Search Console

Sama seperti tools sebelumnya, Google Search Console  (GSC) juga jadi tools riset keyword gratis yang disediakan oleh Google. Tingkat akurasinya pun bisa diandalkan mengingat tools ini berasal dari Google.

Beda dengan tools sebelumnya, Google Search Console akan lebih optimal untuk mencari keyword dari artikel yang sudah kita publish.

Melalui GSC, kita bisa melihat konten apa saja yang paling dicari di website kita. Tidak cuma itu, kita pun bisa melihat query pengunjung yang membuat mereka menemukan konten tersebut. Saat melihat daftar queries tersebut, kita bisa melihat kata kunci apa saja yang berhasil dikuasai. 

Di antara banyak kata kunci tersebut, kita bisa menemukan salah satu yang potensial dan dicari banyak orang. Bila artikel utama kita tidak membahas hal tersebut secara lengkap, kata kunci tersebut nantinya bisa dibuatkan sebagai artikel pendamping yang bisa dimanfaatkan untuk memperkua posisi artikel utama kita.

3. Keyword Surfer

Keyword Surfer hadir dalam bentuk ekstensi atau addon untuk Firefox dan Google Chrome. Ekstensi gratis ini bisa dipakai untuk menemukan kata kunci yang relevan tanpa perlu membuka aplikasi atau tools online lainnya.

Keyword Surfer sendiri bekerja langsung di Google Search. Jadi saat kita mencari kata kunci tertentu, maka ekstensi ini akan menampilkan saran kata kunci yang relevan, lengkap dengan colume pencarian, tingkat kesulitan SEO, dan masih banyak lagi.

Tidak cuma itu, ekstensi ini pun bisa memberikan estimasi trafik bulanan untuk setiap domain yang muncul di hasil pencarian Google untuk sebuah kata kunci. Dengan begitu pemilik web bisa memperkirakan performa web kompetitor sebelum mengambil kata kunci tersebut.

4. Keywords Everywhere

Keywrod Everywhere adalah ekstensi lainnya yang juga bisa dimanfaatkan sebagai tools riset keyword gratis. Dengan ekstensi browser ini, kita bisa melihat kata kunci relevan, trending, atau long tail keyword langsung dari hasil pencarian.

Tools riset kata kunci gratis keyword everywhere

Tidak cuma bisa dipakai di Google Search, ekstensi ini juga bisa menampilkan kata kunci pada mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo Search, atau DuckDuckGo. Menariknya, ekstensi ini pun bisa melihat kata kunci potensial pada Youtube.

5. KeywordTool.io

Tools riset kata kunci gratis selanjutnya adalah KeywordTool.io. Melalui website ini, kita bisa melihat beragam kata kunci yang relevan dengan keyword yang kita bidik.

Pada versi gratisnya, tools ini memang tidak menawarkan banyak hal dan hanya menmpilkan kata kunci potensial saja. Meski begitu kata kunci yang ditampilkan berjumlah tidak terbatas dan bisa langsung diekspor dalam format text atau ke dalam file CSV. Selain itu kita bisa memilih untuk meriset kata kunci sesuai dengan bahasa atau negara tertentu.

6. UberSuggest

Ubersuggest adalah tools SEO gratis milik Neil Patel, salah satu praktisi blog dan SEO ternama di dunia. Melalui tools ini, user bisa melihat kata kunci potensial beserta volume pencarian, nilai CPC, backlink, serta tingkat kesulitan kata kunci tersebut.

Menariknya, user pun bisa memasukan nama domain dan melihat kata kunci apa saja yang berhasil mereka dominasi di hasil pencarian. Dengan begitu kita bisa menyalin kunci sukses sebuah blog agar kita juga bisa bersaing untuk kata kunci tersebut.

Pada versi gratis, semua data tersebut bisa didapat secara gratis, meski hanya kata kunci teratas saja yang ditampilkan. Selain itu pencarian untuk website pun hanya terbatas untuk tiga kali pemakaian saja per harinya. Meski begitu hal ini sudah lebih dari cukup, terutama untuk blog atau penggunaan perorangan lainnya.

7. Quora

Quora bukanlah tools khusus untuk riset kata kunci, melainkan situs tanya jawab di mana penggunanya bisa melontarkan pertanyaan atau menjawabnya sesuai dengan pengetahuan masing-masing. Namun dengan banyaknya dan beragamnya jumlah pertanyaan di Quora, situs ini lantas menjadi tempat yang pas untuk mencari kata kunci potensial yang banyak dicari orang.


Itulah dia beberapa tools riset keyword gratis yang bisa dipakai untuk riset. Dengan mengetahui kata kunci apa yang harus dibidik, kita akan lebih sukses dalam meraiih ranking di Google, sekaligus meningkatkan trafik dan penghasilan melalui Adsense. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama