Panduan Lengkap SEO untuk Pemula

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. SEO adalah sebuah metode yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas situs web agar bisa muncul di pencarian Google dan mesin pencari lainnya.

SEO sendiri berisikan aturan-aturan tertentu untuk memilah-miih mana kontan yang paling relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Artikel yang mampu memenuhi semua poin-poin SEO kemungkinan besar akan mendapatkan posisi yang lebih tinggi dibanding semua kompetitor mereka.

Karena itulah, SEO menjadi hal krusial dalam mengatur sebuah website. Jika ingin website mendapatkan peringkat yang baik, serta trafik yang tinggi dan penghasilan yang lebih besar, maka mau tidak mau pemilik website harus belajar SEO agar blog mereka lebih kompetitif.

Penjelasan apa itu SEO untuk pemula

Apa Pentingnya SEO?

SEO agar blog/website bisa meraih peringkat yang lebih tinggi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial.

Ada fakta penting bahwa ada 5,6 miliar penelusuran Google per hari dan terus bertambah. Sebagian besar orang menggunakan mesin telusur seperti Google di perangkat mereka untuk menemukan informasi di web.

Orang-orang menggunakan mesin telusur untuk menemukan jawaban atas pertanyaan atau solusi atas suatu masalah, meneliti produk atau layanan, membeli barang, atau sekadar mencari hiburan.

Namun, untuk pencarian apa pun, kebanyakan orang hanya mengklik hasil yang muncul di halaman pertama SERP saja (halaman hasil mesin pencari).

Karena itu, ada baiknya memahami cara kerja mesin telusur dan memasukkan SEO ke dalam strategi pemasaran digital untuk meningkatkan lalu lintas web, prospek, dan penjualan.

SEO pada akhirnya dapat membantu situs dan bisnis muncul di halaman pertama halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk lebih banyak frase kata kunci yang relevan dengan potensi penghasil trafik ke blog/website.

Manfaat SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) memberikan sejumlah manfaat berharga:

  • Meningkatkan trafik ke blog/website
  • Meningkakan konversi seperti prospek dan penjualan, serta meningkatkan potensi peluang bisnis
  • Tidak perlu membiayai iklan untuk mendapatkan trafik
  • Meningkatkan efektivitas kampanya PPC dan menghemat ROI dalam jangka panjang
  • Menumbuhkan otoritas situs web di niche blog/website tertentu
  • Meningkatkan kredibilitas dan brand awareness
  • Mengumpulkan data dan insights untuk mengatur startegi marketing

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritme atau kumpulan aturan untuk menentukan halaman situs web mana yang harus diindeks, dan dalam urutan apa permintaan pencarian (kata kunci) tertentu itu ditampilkan.

Indeks mesin pencari adalah kumpulan halaman web yang tersedia yang berpotensi ditampilkan dalam hasil pencarian berdasarkan kueri pencarian yang dimasukkan.

Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat atau sinyal sebagai bagian dari algoritmenya. Meski Google tidak pernah mengumbar apa saja poin-poin yang dimaksud, banyak praktisi SEO yang sedikit banyaknya menerka faktor tersebut beserta bobotnya masing-masing.

Algoritma Google sendiri bukanlah hal yang mutlak, karena mereka selalu melakukan pengujian dan penyesuaian untuk meningkatkan user experience. Karena itulah Google banyak melakukan update algoritma setiap tahunnya.

Berdasarkan analis dari pakar SEO, pengalaman, serta umpan balik publik dari Google, metrik utama atau aspek inti yang dievaluasi oleh algoritme mesin telusur untuk menentukan peringkat halaman dapat dipersempit menjadi beberapa poin berikut ini.

Mesin pencari menemukan halaman situs web menggunakan perayap web. Perayap web ini memindai konten situs web dengan mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya.

Mesin pencari seperti Google menggunakan tautan dan teks jangkarnya (anchor text) untuk lebih memahami pentingnya suatu halaman dan topiknya dibandingkan dengan halaman potensial lainnya untuk ditampilkan dalam hasil pencarian.

Perayap mesin pencari merayapi tautan antara masing-masing halaman di situs (tautan internal) dan tautan dari satu situs web ke situs web lainnya (tautan balik/backlink).

Keberadaan internal link akan memudahkan mesin pencari untuk lebih 'mengerti' isi sebuah konten, sementara banyaknya backlink akan memperlihatkan seberapa besar otoritas sebuah halaman di mata mesin pencari.

Dengan begitu, semakin banyak backlink, maka akan semakin baik pula konten tersebut di mata Google. Meski begitu mesin pencari tidak hanya melihat kuantitas saja, tapi juga kualitas backlink yang didapat. Satu backlink yang didapat dari situs dengan otoritas tinggi akan jauh lebih berharga dibandingkan 100 backlink yang datang dari situs yang dianggap rendah.

2. Konten

Konten jadi faktor penting lain yang mendapatkan bobot penilaian yang besar oleh mesin pencari. Karena itulah konten berkualitas jadi syarat pertama bagi sebuah website untuk bisa bersaing di halaman pertama mesin pencari.

Mesin telusur seperti Google melihat relevansi konten dengan sebuah kata kunci dengan melihat sumber HTML laman. Contohnya termasuk judul halaman, header, kata, struktur URL, tag meta, tag gambar, dan data terstruktur.

Mesin pencari nantinya akan menganalisis elemen-elemen ini untuk mendapatkan pemahaman sebanyak mungkin tentang suatu halaman dibandingkan dengan halaman lain yang ada di seluruh situs dalam indeksnya.

Jika konten blog/website kita memenuhi lebih banyak checklist mereka, maka konten kita bisa diletakan pada peringkat teratas bila tidak menghitung faktor lain seperti backlink.

3. Aksesibilitas

Situs web dan halamannya harus dapat diakses agar mendapat peringkat di Google dan mesin telusur lainnya.

Tag meta dalam kode HTML halaman digunakan untuk mengontrol perilaku perayapan dan pengindeksan mesin telusur. Misalnya, tag meta noindex digunakan untuk mencegah mesin telusur mengindeks halaman dengan konten tipis (konten di bawah 100 kata).

Metode lain untuk mengontrol perayapan adalah dengan menggunakan file robots.txt. File ini memberi tahu perayap mesin telusur URL mana yang dapat diakses perayap di sebuah web.

File robots.txt terutama digunakan untuk mengelola lalu lintas perayap ke situs dan menjauhkan file tertentu dari mesin telusur.

4. Performa

Google ingin memberikan pengalaman terbaik bagi para pencari. Karena itu, metrik kinerja yang terkait dengan kecepatan halaman yang lebih cepat dan stabilitas yang lebih baik menjadi faktor yang semakin penting yang digunakan Google untuk menentukan peringkat halaman.

Misalnya, Core Web Vital digunakan sebagai sinyal oleh Google untuk mengukur pengalaman di seluruh halaman web. Google dan mesin telusur lainnya ingin memberikan hasil situs web yang dimuat dengan cepat untuk pengguna di desktop dan perangkat seluler.

Untuk meningkatkan kecepatan loading website, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemilik web.

Langkah pertama adalah memilih hosting terbaik yang mampu menyediakan server dengan performa yang cepat, stabil, dan bisa diandalkan. Memilih tema Wordpress yang sesuai juga bisa membantu mempercepat loading sebuah web dan meningkatkan user experiece.

Berbagai Jenis SEO

Ada banyak hal yang harus dipelajari dan dibahas dalam hal SEO. Seringkali, pakar SEO berspesialisasi dalam satu atau beberapa jenis SEO berikut.

  • Technical SEO – Optimalisasi arsitektur situs web, aksesibilitas, dan kinerja, termasuk memastikan mesin telusur dapat merayapi tautan dan mengindeks halaman.
  • SEO On-Page – Mengoptimalkan halaman web dan elemen posting blog seperti konten, tag judul, header, tautan internal, markup data terstruktur, dan gambar.
  • SEO Off-Page – Optimasi di luar situs web, seperti berbagi konten di situs media sosial, guest posting, dan membangun backlink.
  • SEO Lokal – Pengoptimalan SEO untuk bersaing di suatu wilayah tertentu dengan cara daftar Google My Business, membuat konten situs web lokal, dan masih banyak lagi.

Teknik SEO yang Harus Diketahui

Proses SEO melibatkan berbagai teknik yang berfokus pada peningkatan peringkat mesin pencari situs web. Teknik SEO umum meliputi beberapa poin berikut:

  • Riset Kata Kunci
  • Pembuatan Konten
  • Optimasi On-Page
  • Link Building
  • Markup Data Terstruktur

a. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci melibatkan pemeriksaan peringkat kata kunci situs web yang ada, peringkat kata kunci pesaing, dan kata kunci potensial baru untuk mengoptimalkan konten yang ada atau membuat konten baru untuk situs web.

Alat riset kata kunci sering digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang metrik seperti perkiraan volume pencarian dan seberapa sulit peringkat kata kunci berdasarkan persaingan.

Riset kata kunci ini akan sangat membantu untuk mengatur strategi konten serta pembuatan tautan.

Riset kata kunci jadi bagian penting SEO

Salah satu langkah penting dalam riset kata kunci adalah memahami search intent. Hal ini sangat penting agar kita bisa melakukan penelitian kata kunci yang efektif dan membuat konten yang dioptimalkan untuk pengguna dan mesin pencari.

Search intent adalah alasan di balik pencarian kata kunci tertentu. Misalnya, penelusuran atau maksud pengguna mungkin untuk memperoleh pengetahuan tentang sesuatu atau untuk membeli sesuatu.

Penting untuk memastikan halaman konten yang dibuat cocok dengan maksud pencarian dengan kata kunci target agar blog/website memiliki peluang untuk memberi peringkat dan peringkat dengan baik untuk kata kunci target tersebut.

b. Pembuatan Konten

Memperbarui dan membuat konten berkualitas tinggi adalah dasar dari SEO. Pemilik blog tidak dapat mendapatkan peringkat tanpa terlebih dahulu membuat konten yang dapat diindeks untuk ditemukan oleh pencari potensial.

Membuat konten berkualitas tinggi diperlukan untuk mencapai peringkat teratas untuk istilah pencarian kompetitif yang berpotensi mengarahkan lalu lintas organik ke situs kita.

Persaingan semakin ketat karena semakin banyak bisnis dan pemilik situs web berinvestasi dalam SEO.

Konten berkualitas juga meningkatkan kemungkinan konten kita untuk dibagikan secara online. Hal ini dapat membantu menghasilkan backlink, meningkatkan otoritas situs web, dan meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

Bersamaan dengan pembuatan konten, tautan, yang mencakup tautan internal dan tautan eksternal (backlink) merupakan faktor utama dalam meningkatkan peringkat mesin pencari.

Dalam upaya untuk meningkatkan peringkat dari waktu ke waktu, pengoptimal mesin pencari menggabungkan tautan internal antara halaman yang relevan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan aktivitas perayap.

Tautan internal juga memastikan teks tautan yang relevan digunakan untuk memberikan konteks tambahan tentang halaman yang terhubung ke perayap mesin telusur.

Sedangkan backlink memberikan sinyal serupa ke mesin telusur. Tautan balik adalah aspek SEO di luar halaman dan salah satu faktor di luar halaman yang paling penting untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Contoh teknik untuk memperoleh backlink termasuk mempromosikan konten di media sosial atau situs lain yang relevan untuk mendapatkan tautan secara alami, membangun hubungan yang mengarah ke posting tamu di situs web lain, atau membuat konten lengkap yang bisa menjadi rujukan atau referensi bagi tulisan di web lainnya.

d. Optimasi On-page

Teknik SEO On-page fokus pada pengoptimalan konten, struktur, dan elemen terkait untuk suatu topik dan kata kunci terkait, dengan tujuan meningkatkan visibilitas mesin pencari dan kinerja peringkat.

Contoh teknik di halaman meliputi:

  • Memasukan kata kunci utama dan turunannya pada konten
  • Mengoptimalkan judul halaman dengan kata kunci yang relevan atau memakai istilah yang relevan
  • Menggunakan kata kunci di URL halaman
  • Menyesuaikan penempatan internal link dan anchor text
  • Memasukkan kata kunci dalam atribut alt gambar
  • Menulis tag deskripsi meta halaman
  • Menggunakan Schema Markup

e. Schema Markup

Structured Data Markup atau Schema Markup, adalah jenis kode yang membantu Google dan mesin telusur utama lainnya memahami cara menginterpretasikan dan menampilkan konten laman.

Contoh schema markup

Meskipun Google telah secara terbuka menyatakan bahwa data terstruktur ini bukanlah faktor peringkat, markup data memberikan potensi halaman untuk menampilkan fitur unik di SERP yang dikenal sebagai rich content.

Contoh hasil kaya mencakup bintang ulasan, gambar thumbnail, detail produk, dan data pendukung lainnya, yang bergantung pada jenis konten dan markup yang digunakan. Saat ditampilkan di hasil penelusuran, rich content yang unik ini dapat membantu meningkatkan rasio klik oleh pengunjung.


SEO adalah praktik yang terus berkembang dan melibatkan sejumlah teknik dan alat agar blog bisa mencapai peringkat yang lebih tinggi dan mengarahkan lalu lintas ke situs kita.

Karena itulah, meluangkan waktu untuk belajar dan berinvestasi dalam kampanye SEO sangat berharga, terutama karena semakin banyak orang mencari dan bertransaksi secara online. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama