7 Media Sosial Terbaik untuk Blog dan Website

Pilihan media sosial terbaik untuk blog dan website

Media sosial jadi salah satu tools marketing yang powerful dan bisa digunakan secara gratis. Jumlah penggunanya pun sangat masif dengan milyaran orang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kerabat mereka. Dengan potensi sebesar itu, hal yang logis bukan jika kita menggunakan sosial media untuk membantu mengembangkan blog dan website?

Dengan media sosial, blog atau website kita bisa lebih dikenal orang lain dengan lebih cepat dibanding mengandalkan SEO. Makanya keberadaan di sosial media seringkali jadi cara agar website muncul di hasil pencarian Google lebih cepat.

Sosial media sendiri hadir dalam berbagai platform dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu ingin menggunakannya, berikut adalah beberapa media sosial terbaik yang bisa kamu pilih untuk mempromosikan blog dan website.

1. Twitter

Twitter adalah salah satu platform terbaik untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga secara online. Kebanyakan orang menggunakan Twitter untuk berbagi pemikiran dan ide mereka. Selain itu, mereka dapat berbagi foto, video, dan tautan.

Bisnis dan website juga dapat menggunakan Twitter untuk mengiklankan produk dan layanan mereka kepada khalayak luas. Banyak pemilik website akan membuat akun Twitter untuk diri mereka sendiri, dan kemudian menggunakan akun Twitter tersebut untuk mempromosikan konten website mereka.

Jika kamu ingin mempromosikan produk atau konten, kamu bisa memanfaatkan sejumlah fitur seperti penggunaan hashtag yang trending dan relevan dengan isi konten/produk. Tidak cuma itu, kamupun bisa memanfaatkan statistik Twitter untuk mengenal demografi dan kebiasaan followers kamu agar kamu bisa menargetkan pasar yang lebih luas.

2. Facebook

Facebook adalah situs media sosial yang dimulai pada tahun 2004. Kebanyakan orang menggunakan Facebook untuk berkomunikasi dengan teman dan anggota keluarga mereka. Namun kini Facebook juga bisa dipakai sebagai tools marketing yang ampuh.

Sebagian besar orang menggunakan Facebook untuk berbagi konten yang menarik. Yang lain menggunakannya untuk mengikuti selebriti favorit mereka. Dengan pengguna mencapai milyaran pengguna, Facebook menjadi cara populer bagi orang untuk mengiklankan website, produk dan layanan mereka.

Keuntungan utama menggunakan Facebook sebagai tools promosi adalah kemudahannya. Tidak butuh kemampuan teknis mendalam untuk dapat membagikan konten ke postingan Facebook. Selain itu tools ini pun gratis, kecuali kamu mau beriklan untuk menghadirkan konten kamu ke target yang sesuai.

Satu hal penting lainnya, kamu sebenarnya tidak perlu memiliki halaman website terlebih dahulu untuk bisa memasarkan konten kamu. Kamu bisa membuat FansPage atau membuat halaman bisnis dan mulai membangun brand kamu sendiri di Facebook.

3. Instagram

Instagram adalah sosial media yang unik di awal kemunculannya. Di saat media sosial lainnya menggunakan lebih banyak media teks, Instagram justru lebih fokus pada tampilan visual penggunanya.

Dengan Instagram, kamu bisa berbagi foto dan video kepada siapa saja yang menjadi followers kamu. Tapi tidak cuma itu, kini kamu juga bisa menggunakan postingan Instagram untuk mempromosikan konten atau bahkan produk yang kamu jual.

Popularitas Instagram yang melejit menjadikan platform ini tempat yang sesuai untuk membuat website atau blog kamu dikenal orang. Namun dengan fokus pada tampilan visual, sosial media ini mungkin akan lebih cocok untuk beberapa niche tertentu seperti traveling, memasak, atau kecantikan.

4. Pinterest

Meski sudah ada sejak lama, Pinterest masih belum bisa jadi media sosial yang bisa bersaing dengan nama-nama besar seperti Facebook atau Instagram. Meski begitu Pinterest tetap jadi salah satu sosial media terbaik untuk mempromosikan konten blog atau website kamu.

Sama seperti Instagram, Pinterest adalah platform medsos yang lebih fokus pada tampilan visual. Jadi konten seperti foto atau video akan lebih 'menjual' di platform ini. Jika kamu ingin membagikan konten website/blog, ada baiknya jika kamu merangkumnya dan membuat infografis agar lebih menarik.

Selain memposting konten kamu sendiri, kamu juga bisa mengikuti influencer di niche kamu. Kamu pun bisa mencari konten unik lain yang bisa kamu bagikan kepada orang lain. 

Satu hal yang perlu diingat, pastikan kamu mencantumkan link ke artikel kamu pada setiap postingan. Dengna begitu mereka yang tertarik bisa langsung mengunjungi website kamu untuk mendapatkan artikel yang mereka butuhkan.

5. LinkedIn

LinkedIn mungkin tidak sepopuler media sosial lainnya. Namun di kalangan profesional, LinkedIn adalah media sosial terbaik untuk bisa berinteraksi dengan profesional lainnya.

Beda dengan platform sosial media lainnya, di LinkedIn kamu bisa menuliskan riwayat pendidikan dan pekerjaan, mirip dengan CV yang kamu buat untuk melamar pekerjaan. LinkedIn pun nantinya bisa merekomendasikan orang-orang yang juga memiliki latar belakang serta minat yang sama.

Jika kamu memiliki blog atau website, kamu juga bisa mencantumkannya pada bio LinkedIn kamu. Kamu pun bisa memposting artikel pada blog LinkedIn kamu dan menautkannya dengan artikel di blog kamu. 

Tidak cuma mengundang trafik dan followers baru, LinkedIn pun menyediakan peluang besar agar kamu bisa bekerja sama dengan profesional lain yang tertarik dengan profil kamu.

6. Youtube

Youtube sebenarnya lebih dikenal sebagai situs video sharing di mana kamu bisa mengunggah video agar setiap orang bisa melihatnya. Tapi dibalik itu, Youtube juga jadi salah satu platform sosial media terbesar di mana kamu bisa terhubung dengan milyaran user lainnya.

Youtube sendiri selalu masuk dalam daftar media sosial yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Apalagi sejak pandemi melanda banyak orang tidak bisa keluar rumah dan melakukan aktivitas seperti biasa, popularitas Youtube semakin meroket saja.

Dengan potensi trafik yang luar biasa besar, Youtube juga bisa jadi alat untuk mempromosikan konten blog dan website. Namun dengan banyaknya orang yang lebih memilih konten video dibanding teks, bisa jadi Youtube malah jadi konten utama kamu dengan blog/website sebagai pelengkapnya.

7. TikTok

Siapa sih yang tidak kenal aplikasi sosial media asal Tiongkok ini? Meski awalnya banyak dicela, TikTok kini menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan di seluruh dunia. Konten yang ada pun tidak lagi didominasi joget atau gerakan tidak jelas, tapi juga konten-konten informatif yang dikemas dengan padat berisi serta memiliki tampilan yang menarik.


Itulah dia beberapa platform sosial media terbaik yang bisa kamu akai untuk mempromosikan konten blog dan website kamu. Jika digunakan secara optimal, keberadaan kamu di paltform sosial media bisa sangat mendongkrak trafik dan penghasilan kamu. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama