7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik di Android

(Last Update: 02/01/2023) - Ada saat ketika kita hanya dapat menyimpan dan mencadangkan file di perangkat penyimpanan fisik saja. Namun adanya aplikasi cloud storage di Android membuat kita tidak perlu lagi pusing dengan storage yang penuh. Kita pun tidak perlu membawa storage tambahan untuk memindahkan file-file yang memenuhi hp kita.

Selama terhubung dengan internet, kita dapat mengirimkan file ke cloud dan mengaksesnya kapan saja dan di perangkat apa pun. Ini adalah kelebihan online cloud storage. Untungnya tidak sulit untuk mencari aplikasi semacam ini. Jika kamu butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi cloud storage terbaik di Android yang bisa kamu coba

1. Dropbox

Aplikasi cloud storage pertama yang bisa kamu coba dalah Dropbox. Untuk setiap akun gratis, kamu akan mendapatkan storage gratis sebesar 2GB. Kamu pun bisa meningkatkan space hingga 16GB dengan melakukan bebearpa misi tertentu seperti mengunggah file pertamamu, menginstal aplikasi resminya di smartphone, atau dengan mengajak teman kamu untuk menggunakan Dropbox.

aplikasi cloud storage terbaik di smartphone android

Dengan aplikasi Dropbox, kamu bisa mengunggah berbagai jenis file. Kamu pun bisa membuka file tersebut fitur built-in Dropbox tanpa perlu mengunduhnya atau menginstal aplikasi tambahan. Tidak tanggung-tanggung, Dropbox support hingga 175 format file populer.

Jika kamu ingin menggunakan Dropbox untuk membackup foto, kamu bisa melakukannya secara otomatis lho! Setiap kali kamu mengambil foto, Dropbox akan secara otomatis menyimpannya di cloud. Kamu pun bisa mendapatkan link khusus untuk membagikannya kepada orang lain, meski mereka tidak memiliki akun Dropbox.

Satu hal yang cukup unik, Dropbox mampu men-scan dokumen, bon tagihan, kwitansi, hingga foto ke dalam format PDF sehingga kamu bisa melihat dan mengirimkannya untuk berbagai keperluan.

2. Google Drive

Google Drive jadi aplikasi cloud storage yang umumnya hadir sebagai salah satu aplikasi bawaan Android. Cukup dengan login ke akun Google, kamu sudah bisa mendapatkan storage gratis sebesar 15GB yang dapat digunakan sebagai backup atau untuk menyimpan file apapun.

Google Drive sendiri jadi pilihan terbaik jika kamu juga banyak menggunakan layanan Google lainnya. Aplikasi GDrive terintegrasi sempurna dengan aplikai lian seperti Google Photos, Googls Docs, Google Lens dan masih banyak lagi.

Urusan kolaborasi jadi poin plus Google Drive. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat shared drive, berbagi file atau folder dengan anggota tim lainnya, atau melakukan modifikasi pada satu file yang sama secara bersamaan. Di luar itu, Google Drive juga menyediakan fitur lain seperti 2FA atau aplikasi built-in untuk melihat beberapa format file populer langsung dari Google Drive.

3. pCloud

pCloud jadi aplikasi cloud storage Android lain di mana kamu bisa menyimpan, melihat, dan membagikan file/folder dari berbagai perangkat. Dengan akun gratis pCloud, kamu bisa mendapatkan storage gratis sebesar 2GB yang bisa ditambahkan menjadi 10GB dengan mengikuti tutorial pCloud dan mengajak orang lain untuk menggunakan pCloud.

Aplikasi cloud storage pCloud

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membackup foto hp dengan mudah. Fitur automatic upload-nya akan melakukannya secara otomatis pada setiap jepretan kamera. Kamu pun bisa menyimpan dokumen dan file audio/video, dan membukanya menggunakan aplikasi bawaan yang disediakan pCloud.

Fitur lain pCloud adalah sharing file berukuran besar, yang juga bisa diamankan menggunakan password atau tanggal kadaluarsa. Selain itu kamu juga bisa menggunakanpCloud secara offline dan kembali mensinkronkan data saat kamu sudah terhubung dengan internet.

4. Microsoft OneDrive

Sesuai namanya, OneDrive adalah layanan yang dimiliki oleh Microsoft. Dengan akun gratis Microsoft, kamu bisa mendapatkan storage gratis sebesar 5GB yang bisa dipakai untuk mengupload beragam file/folder. 

Jika kamu berlangganan Office 365, maka kamu bisa mendapatkan lebih banyak storage hingga 1TB. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office untuk mengedit file Word, Excel, Powerpoint dan One Note yang kamu simpan di OneDrive. Backup dokumen di OneDrive pun akan sangat nyaman karena aplikasi ini me-restore dokumen berdasarkan version history mereka.

Jika kamu menggunakan OneDrive untuk menyimpan foto, ada beberapa fitur yang pasti kamu suka. Pertama, OneDrive bisa menyimpan foto secara otomatis setiap kali kamu menjepret kamera. Selain itu kamu pun bisa menggunakan automatic tagging agar foto kamu lebih mudah dikelola. Sharing foto pun lebih mudah dengan adanya link berbagi khusus yang bisa kamu modifikasi.

Di luar itu, OneDrive memiliki fitur bedtime backup yang membuat aplikasi ini bekerja hanya ketika kamu tidak menggunakan ponsel. Selain itu kamu pun bisa memilih beberapa file agar bisa diakses secara online.

5. Box

Sebagai salah satu pemenang PC Magazine's Editor's Choice Award, Box jelas jadi salah satu aplikasi cloud storage terbaik di Android. Dengan free storage sebesar 10GB, kamu bisa menyimpan file apapun, mulai dari dokumen, audio, video, dan masih banyak lagi.

Box pun menyediakan link khusus jika kamu ingin berbagi file/folder dengan orang lain. Batas limit upload kamu pun tergolong besar. Tergantung akun yang kamu miliki, kamu bisa mengunggah file berukuran 250MB hingga 150GB.

File yang kamu upload pun bisa langsung dilihat tanpa aplikasi tambahan. Box support lebih dari 200 jenis format file mulai dari PDF, Word, Excel, AI, atau PSD. Kamu pun bisa menginstal aplikasi partner Box agar kamu bisa melakukan lebih banyak hal pada setiap format file yang kamu simpan.

Meski lebih baik saat digunakan online, kamu juga bisa mengatur agar file/folder Box bisa diakses secara offline. Box pun menyediakan fitur OCR yang dapat membaca PDF dan file dokumen lain agar kamu lebih mudah melakukan pencarian.

6. IceDrive

IceDrive jadi aplikasi online strorage terbaik Android lain yang bisa kamu gunakan. Setiap akun gratis akan mendapatkan storage gratis sebesar 10GB. Kamu pun bisa mengupload file dengan ukuran besar. Dengan teknologi XFS filesystem, IceDrive secara teori support file hingga 100TB.

Tempat penyimpanan online IceDrive

Dengan IceDrive, kamu bisa membackup foto secara otomatis setiap kali kamu menggunakan kamera. Kamu ppun bisa streaming lagu atau video secara langsung menggunakan built-in multimedia player mereka.

Satu hal yang unik, IceDrive memungkinkan kamu untuk membuat backup menyeluruh dari satu perangkat. Selain itu cache control mereka dapat membantu menyimpan file yang sering kamu gunakan agar lebih cepat diakses saat kamu membutuhkannya.

7. Nextcloud

Nextcloud adalah aplikasi open source yang menawarkan layanan yang berbeda dibanding aplikasi cloud storage lainnya.

Cara kerjanya adalah kamu memiliki kemampuan untuk membuat server Nextcloud kamu sendiri di komputer kamu sendiri. Setelah itu, kamu bisa menyinkronkan file antara komputer dan perangkat seluler kamu. Jadi alih-alih menggunakan tempat penyimpanan dari perusahaan tertentu, kamu memakai storage pribadi dan mengontrol berbagai hal dengan Nextcloud.

Jadi, jika kamu adalah tipe orang yang tidak ingin file mereka berada di server perusahaan penyimpanan cloud, maka ini adalah pilihan terbaik. Penyimpanan cloud yang kamu dapat pun akan memiliki storage dan fitur-fitur yang sudah kamu atur sendiri.


Menyimpan file menggunakan aplikasi cloud storage terbaik Android bisa jadi pilihan agar kamuselalu memiliki backup yang bisa diandalkan. Jadi ketika perangkat penyimpanan fisik rusak atauhilang, kamu tidak akan kehilangan semua file berharga kamu. Tidak cuma itu, layanan penyimpanan online tersebut juga bisa membuat storage hp kamu tetap lega agar kamu bisa menggunakannya untuk keperluan lain. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama