7 Aplikasi Galeri Foto Terbaik di Android

(Last Update: 02/01/2023) - Smartphone tidak hanya membantu melakukan panggilan, tapi juga beberapa tugas yang lebih kompleks dari itu. Smartphone modern dilengkapi dengan prosesor yang kuat, RAM besar, serta kamera yang sangat baik. Komponen-komponen ini membuat smartphone mampu menyaingi beberapa komputer dalam hal daya dan kinerja.

Satu hal yang banyak dicari orang di smartphone saat ingin membeli adalah kualitas kamera. Hal yang wajar mengingat kinerja smartpone yang semakin meningkat. Selain itu semua orang suka mengambil foto yang indah, dan kamera yang bagus membuat ini terjadi.

Bahkan setelah kamu mengambil foto, kamu mungkin masih memerlukan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk melihat, mengatur, dan mengelola foto-foto tersebut. Meski sudah ada secara default, beberapa aplikasi galeri foto hp Android ini bisa jadi aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan.

1. Piktures

Aplikasi galeri foto terbaik Piktures

Altrenatif galeri Android dan pilihan lain untuk mengelola foto-foto kamu adalah Pikures. Piktures adalah aplikasi hebat dengan fitur luar biasa yang memudahkan kamu mengelola foto. Meski memiliki tampilan yang sederhana, Piktures juga fungsional.

Aplikasi ini menggunakan gerakan untuk membantu mengatur album kamu. Selain itu aplikasi ini  juga memungkinkan kamu untuk membuat album dan folder baru, menyembunyikannya, dan juga mengakses platform cloud.

Di sini kamu bisa mengurutkan foto dengan berbagai cara, termasuk menyusun berdasarkan tanggal atau lokasi. Di dalam aplikasi ini juga terdapat pemutar video, editor gambar, pemutar GIF dan banyak lagi. Keamanan pun sangat terjamin karena kamu bisa mengamankan galeri di drive pribadi melalui PIN.

2. Simple Gallery

Galeri Sederhana ini memiliki dua versi – versi gratis dan versi pro. Kami merekomendasikan menggunakan versi Pro karena yang banyak fitur penting yang terkunci pada versi gratis. 

Aplikasi ini adalah pilihan yang sangat baik untuk mengelola semua foto dan video kamu. Seperti namanya, aplikasi ini sederhana dan berfungsi dengan baik di sebagian besar perangkat Android. Tidak hanya memiliki desain yang ramping, kamu pun bisa melakukan banyak hal di aplikasi ini.

Ada banyak fitur penyesuaian untuk UI-nya dan kamu dapat membuatnya terlihat seperti yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menggunakan alat pengeditannya yang seharusnya baik untuk kebutuhan pengeditan dasar. Selain itu Simple Gallery juga memiliki fitur recycle bin, sehingga kamu bisa mengembalikan foto yang telah terhapus.

3. Google Photos

Google Photos adalah opsi populer yang digunakan banyak orang. Aplikasi ini digunakan untuk menyimpan dan mengakses foto di seluruh perangkat selama kamu memakai akun yang sama. Google Photos berfungsi sebagai cloud storage yang dibuat khusus untuk foto dan video, dan memiliki storage terpisah dari layanan utama Google.

Aplikasi ini cocok untuk menyimpan foto beresolusi tinggi atau dalam resolusi aaslinya. Selain itu aplikasi ini juga dilengkpai dengan fitur sinkronisasi otomatis, shared albums, serta automatic creations yang dapat membantu kamu membuat film aau kolase menggunakan koleksi foto-foto kamu.

Aplikasi galeri Google Photos

Di aplikasi ini kamu juga bisa mendapatkan tools editing dengan fitur yang cukup lengkap, seperti transform, mengatur warna dan pencahayaan, serta content-aware filter. Kamu pun bisa mengelompokkan foto berdasarkan wajah, tempat, atau waktu.

Tidak cuma itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan teknologi dari Google Lens yang dapat memindai tulisan dalam foto kamu agar kamu bisa mencari foto yang dimaksud dengan mudah. Hal lain yang tidak kalah menarik, aplikasi ini dapat membantu kamu menghemat ruang dalam storage. Kamu bisa mengatur agar setiap foto yang kamu unggah dihapus dari penyimpanan lokal kamu.

4. 1Gallery

1Gallery adalah salah satu aplikasi galerifoto terbaik dan termasuk pilihan populer lainnya. Fitur yang membuat 1Gallery menonjol adalah enkripsi AES yang ditawarkan untuk foto kamu. Ini membuat 1Gallery jadi aplikasi yang aman untuk foto kamu. 

Tidak cuma itu, keamanan galeri kamu juga bisa diperkuat menggunakan kata sandi, PIN, dan sidik jari gar bisa diakses. Jika kamu memiliki beberapa foto pribadi yang ingin kamu simpan, maka aplikasi ini adalah pilihan yang tepat untuk itu.

Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur canggih seperti dukungan untuk jenis file yang tidak umum seperti RAW dan SVG. Editor fotonya dapat melakukan berbagai fungsi seperti memotong, mengubah ukuran, memutar, dan memiliki berbagai filter. 1Gallery pul bisa memberi kamu informasi metadata lengkap.

5. F-Stop Gallery

F-Stop Gallery adalah aplikasi galeri foto yang dilengkapi dengan banyak fitur hebat. Salah satunya adalah fitur Places yang mampu mengambil data geolokasi dari foto dan menampilkannya di peta. Aplikasi ini menyediakan lokasi akurat dari setiap foto di Google Maps. 

Selain itu aplikasi ini memiliki fungsi penyortiran yang kuat. Selain menyortir berdasarkan nama dan tanggal pengambilan, kamu juga bisa mengurutkan foto berdasarkan hari, minggu, bulan atau tahun dan bahkan berdasarkan ukuran dan dimensi foto ersebut.

Kamu bisa mengunduh dan menginstal galeri F-Stop gratis di Play Store. Tetapi untuk mendapatkan lebih banyak fitur, versi pro aplikasi ini adalah pilihan terbaik. Versi Pro memiliki fitur yang lebih menarik seperti penulisan metadata, tema, dan penyortiran khusus.

6. SGallery

SGallery adalah aplikasi yang cocok bagi kamu yang ingin lebih banyak privasi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyembunyikan dan mengenkripsi galeri kamu, lengkap dengan foto dan video di dalamnya.

Aplikasi galeri foto S-Gallery

Aplikasi SGallery bisa mengimport foto dan video dari galeri bawaan Android. Tidak cuma galerinya saja yang tersembunyi, ikon aplikasi ini pun bisa disamarkan sehingga orang biasa tidak bisa menemukannya. Sebagai contoh, SGallery bisa disamarkan sebagai aplikasi kalkulator atau voice recorder sehingga tidak mudah diketahui orang lain.

Sgallery pun sudah dilengkapi dengan metode enkripsi AES yang akan berguna jika kamu ingin membagikan foto dan video secara aman. Selain itu aplikasi ini juga bisa menghapus jejak download kamu, serta menambahkan fitur shake untuk menutup aplikasi sepenuhnya.

Di luar itu, SGallery juga dilengkapi dengan beragam fitur yang mirip dengan aplikasi galeri lainnya seperti support untuk beagam jenis format, ukuran gambar yang tidak terbatas, hingga kamera built-in untuk mengambil gambar dan video.

7. A+ Gallery

A+ Biasanya identik dengan nilai bagus yang kamu dapat di sekolah. Sama seperti hal tersebut, A+ Gallery adalah aplikasi galeri foto terbaik di Android yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Pengembang A+ Gallery sendiri mengklaim kalau aplikasi buatan mereka adalah yang tercepat dalam menyajikan gambar HD. Dibekali dengan tampilan antarmuka yang menawan, aplikasi ni juga mampu mencari foto dan mengatur album dengan mudah. Kamu bisa menyortir foto berdasarkan kapan dan di mana kamu mengambilnya. Selain itu kamu juga isa melihat foto berdasarkan geo-tag location-nya di dalam peta.

Jika kamu ingin sedikit privasi, A+ Gallery juga memiliki Vault yang dapat mengamankan koleksi foto dan video kamu. Foto dan video yang disimpan di sini tidak akan tedeteksi oleh sistem sekalipun dan hanya bisa diakses dengan kata sandi yang sudah kamu buat.


Aplikasi galeri foto bawaan Android rasanya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Tapi jika kamu adalah fotografer, influencer atau konten kreator yang banyak berurusan dengan file multimedia, memiliki aplikasi galeri foto tambahan akan memberikan kamu lebih banyak fitur yang pastinya berguna untuk pekerjaan dan hal lain yang lebih kompleks. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama