10 CMS Gratis Terbaik untuk Segala Jenis Website

CMS adalah platform yang diperlukan untuk membuat sebuah website dengan cepat dan mudah. Saat ini ada banyak CMS yang bisa digunakan, beberapa di antaranya bahkan gratis dan siap pakai. Buat kamu yang ingin membuat website, berikut adalah beberapa CMS gratis terbaik yang bisa kamu gunakan.

Apa itu CMS?

CMS adalah singkatan dari Content Management System alias Sistem Manajemen Konten. Sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang memungkinkan kita untuk membangun dan mengelola konten situs web di satu tempat. Selain itu, kita juga dapat mengupdate website secara berkala.

Untuk semua ini, kita pun tidak perlu memiliki pengetahuan coding apa pun. Kamu dapat membangun situs web dinamis yang kuat dan menakjubkan dalam waktu singkat. Baik itu membuat blog, situs eCommerce, platform video, dll., selalu ada pilihan software CMS gratis terbaik untuk situs web kamu.

Fitur-Fitur CMS

Setiap CMS hadir dengan banyak fitur dasar dan lanjutan. Fitur-fitur ini adalah yang terbaik untuk beberapa situs web dan terburuk untuk beberapa situs web. Jadi, sangat penting untuk menganalisis pilihan kamu sebelum memilih CMS. Berikut adalah lima fitur teratas yang harus dimiliki untuk software CMS gratis terbaik:

a. Editor Konten

Editor konten adalah salah satu fitur CMS yang paling canggih. Setiap sistem manajemen konten memudahkan pembuatan dan pengelolaan konten. Jadi, sebelum memilih CMS, kamuharus mengetahui tentang editor kontennya. Editor konten yang baik harus dapat dengan cepat, memodifikasi, menambah, dan menerbitkan ulang konten tanpa memerlukan pengetahuan pengkodean apa pun.

b. Kustomisasi

Mendesain adalah bagian penting dari blog atau situs mana pun. Desain yang indah dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan mereka merasa nyaman saat menjelajahi situsmu. CMS harus memiliki fitur penyesuaian yang memungkinkan kita mengubah desain blog, font, tata letak blog, dan banyak lagi.

c. Manajemen Pengguna

Jika kamu ingin menambah pengguna untuk mengelola dan membuat konten untuk blog, maka kamu memerlukan sistem manajemen pengguna yang baik. CMS yang sempurna harus memiliki sistem yang mudah untuk mengatur izin dan mengelola pengguna untuk situsmu.

d. Integrasi

Opsi ini sangat penting untuk platform CMS apa pun. Harus ada opsi untuk menambahkan integrasi pihak ketiga untuk menjadikan blog/situs kamu otomatis, mengumpulkan informasi kontak, dan mempromosikan kontenmu di media sosial.

e. Support

Setiap CMS harus memiliki dokumentasi yang baik dan forum dukungan komunitas yang ramah. Terkadang, para pemula tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu atau memecahkan suatu masalah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki dokumentasi yang dijelaskan dengan baik serta forum dukungan komunitas. Oleh karena itu, sebelum memilih CMS pastikan terlebih dahulu CMS tersebut mempunyai sistem pendukung yang baik.

Rekomendasi CMS Gratis Terbaik

1. Wordpress

Wordpress jadi CMS gratis terbaik untuk membuat segala jenis website

WordPress adalah Sistem Manajemen Konten yang paling populer dan banyak digunakan. Ini adalah perangkat lunak CMS sumber terbuka dan gratis. WordPress adalah alat manajemen media yang sangat sederhana, mudah digunakan, dan kuat. Ia pun memiliki forum dukungan komunitas terbesar dan aktif.

WordPress adalah pilihan sempurna untuk membangun situs web apa pun tanpa kerumitan apa pun. Kamu dapat membangun situs web impian dengan WordPress. Selain itu, kamu juga dapat membangun toko online di WordPress. Ada banyak tema dan plugin WordPress yang tersedia di web untuk membantu kamu membuat situs web yang indah dalam beberapa klik.

2. Blogger

Blogger adalah salah satu perangkat lunak CMS yang paling populer. Ini benar-benar gratis tetapi ini bukan CMS sumber terbuka. Blogger dikembangkan oleh Pyra Labs tetapi telah dimiliki oleh Google sejak tahun 2003. CMS gratis ini terkenal mudah digunakan dan memiliki forum dukungan komunitas yang aktif. Blogger membantu pengguna membuat situs web bergaya dalam satu menit.

Kamu dapat membuat situs web impian kamu di Blogger dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Ada banyak template Blogger gratis dan premium yang tersedia yang akan membantu kamu membuat situs tingkat lanjut. Situs yang dibuat oleh Blogger sepenuhnya responsif, ramah pengguna, dan juga ramah SEO.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa memasangkan custom domain dengan mudah menggunakan alamat yang kamu beli di tempat beli nama domain manapun, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

3. Drupal

Drupal adalah perangkat lunak CMS gratis dan sumber terbuka yang ditulis dalam bahasa PHP. CMS gratis ini memiliki banyak fitur canggih yang sangat penting untuk membangun situs web profesional. Banyak situs web yang dibangun dan dijalankan oleh Drupal, misalnya saja Gedung Putih, BBC, NVC dan MTV UK.

Drupal memiliki banyak fungsi lanjutan untuk membangun dan menjalankan situs dengan mudah. Kamu dapat dengan mudah membangun blog menggunakan software CMS gratis ini. Software ini pun memiliki komunitas yang kuat dan aktif untuk membantu orang lain dengan masalah dan solusi Drupal.

4. Joomla

Joomla benar-benar gratis dan merupakan perangkat lunak CMS open source. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2005. Joomla juga ditulis dalam PHP dan membantu membuat situs web dinamis dengan cepat.

CMS gratis ini juga memiliki fitur keamanan tingkat tinggi. Selain itu, ia memiliki templat, ekstensi, dan forum komunitas yang aktif. Joomla mudah digunakan dan memiliki sistem penyesuaian yang mudah. Kamu dapat membangun hampir semua jenis situs web menggunakan software CMS gratis ini.

5. Wix

Wix adalah perangkat lunak berbasis cloud populer yang memungkinkan pengguna membuat situs web berbasis HTML 5 menggunakan fitur drag and drop. CMS ini memiliki banyak fitur penyesuaian lanjutan untuk memudahkan pembuatan situs web.

Kamu dapat membangun situs web eCommerce menggunakan pembuat situs web Wix. Wix memiliki banyak templat gratis untuk membuat situs dalam beberapa klik. Wix juga memiliki paket premium untuk menjadikan situs web kamu tampak lebih profesional.

6. Weebly

CMS gratis Weebly

Weebly adalah perangkat lunak CMS yang kuat untuk situs eCommerce. Memiliki fitur drag-and-drop untuk membangun website dengan sangat mudah. Selain itu, ini sangat ramah SEO yang membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, Ia memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi situsmu. Kamu juga bisa dengan mudah membangun blog menggunakan CMS ini. Juga, Ia memiliki sistem dukungan pelanggan aktif untuk membantu pelanggan mereka secara instan.

7. Fork

Fork adalah sistem manajemen konten sumber terbuka alias open source. Fork ini memiliki banyak fitur canggih, tema indah, dan ekstensi untuk membantu kamu membangun situs web impian. Antarmuka Fork sangat ramah pengguna. kamu dapat mewujudkan situs impian kamu dengan bantuan Fork. Ini memiliki komunitas dukungan untuk membantu pemula dengan masalah mereka.

8. Contao

Contao adalah perangkat lunak sistem manajemen konten gratis. CMS gratis ini bisa digunakan untuk membangun situs web menengah atau besar. Kamu dapat membuat website unik dengan mudah menggunakan Contao.

Contao memiliki toko tema resminya dan memiliki banyak template cantik. Ini memiliki banyak fitur canggih untuk memastikan proyek kamu mudah dan nyaman. Contao memiliki generator formulir sendiri, gambar responsif, video, pengelola file bawaan, fitur pengeditan, dan banyak lagi. Jadi, jika kamu ingin membuat website unik, kamu bisa memilih Contao untuk proyek tersebut.

9. TYPO3

TYPO3 adalah sistem manajemen konten yang ditulis dalam bahasa PHP. Ini adalah perangkat lunak CMS open source dan gratis. TYPO3 adalah salah satu CMS paling populer di web. Kamu dapat membuat situs yang responsive, fleksibel dan dinamis dengan CMS ini. Namun, TYPO3 bukanlah CMS yang ramah pengguna.

10. Bolt

Dengan Bolt, kamu dapat membuat situs web luar biasa secara gratis. Bolt adalah sistem manajemen konten sumber terbuka berdasarkan PHP. Ini memiliki desain bersih dan modern yang sangat keren. Bolt membantu kamu membuat halaman, mengedit konten, dan kemudian menerbitkannya.

Kamu tidak memerlukan pengetahuan coding untuk membuat dan mengelola situs web kamu sendiri. Ini memiliki banyak fungsi lanjutan untuk membangun situs web dinamis yang luar biasa dengan mudah. Kamu dapat memeriksa situs web real-time yang dibuat oleh Bolt CMS sebelum kamu memilih CMS untuk situs web kamu. Ini memiliki dokumentasi yang dijelaskan dengan baik dan forum komunitas untuk membantu setiap pengguna Bolt.


Memilih perangkat lunak CMS adalah tugas yang sangat penting. Beberapa CMS cocok untuk jenis situs tertentu. WordPress jadi rekomendasi utama yang merupakan salah satu perangkat lunak CMS gratis terbaik di web dan cocok untuk hampir semua jenis situs web. 

Kamu dapat membangun segala jenis blog atau situs web menggunakan perangkat lunak CMS WordPress. Makanya tidak heran jika kamu bisa menemukan Wordpress sebeagai CMS default kebanyakan hosting, termasuk di hosting gratis sekalipun.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama