5 Layanan Email Marketing Terbaik untuk Blog dan Bisnis

Layanan email marketing terbaik untuk  blog dan bisnis

Email marketing diklaim sebagai cara yang paling ampuh dalam melakukan konversi dibanding teknik lainnya. Selama kamu bisa membuat list building yang natural, orang-orang dalam daftar tersebut akan lebih mudah diyakinkan pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Email marketing sendiri sebenarnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi email biasa. Meski begitu hal ini akan jauh lebih mudah dilakukan dengan bantuan layanan email khusus marketing yang bisa membantu kamu mengelola daftar email dan mengirimkan pesan secara masal.

Jika kamu juga ingin membuat list building dari sekarang, berikut adalah beberapa layanan email marketing yang bisa jadi pilihan.

1. MailChimp

Didirikan pada tahun 2001, MailChimp dengan cepat muncul sebagai layanan email marketing yang sangat populer. Salah satu alasannya adalah tawaran akun gratis yang memungkinkan kamu unguk mengirim email massal hingga 2.000 kontak tanpa membayar satu dolar pun.

Jika kamu perlu mengirim email ke lebih banyak dari itu, paket berlangganannnya pun sangat terjangkau, mulai hanya dengan $$9,99 sebulan saja!

Tidak seperti banyak layanan email massal lainnya, MailChimp sebenarnya adalah platform pemasaran all-in-one yang menyatukan data audiens, marketing channel, dan insight, yang memungkinkan kamu membangun list building dengan cepat. Kamu pun bisa mempromosikan ide-ide kamu di seluruh email, sosial, halaman redirect, dan masih banyak lagi.

Untuk memudahkan kamu mengirim email yang sesuai, MailChimp juga dilengkapi dengan template yang dirancang profesional dan bisa kamu sesuaikan dengan kampanye yang kamu lakukan.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa mencoba beberapa fitur email marketing seperti A/B testing, pengiriman berbasis zona waktu, segmentasi kontak, automatic reply, integrasi layanan dan aplikasi, dan masih banyak lagi.

2. AWeber

Dengan lebih dari 1.000.000 klien dari seluruh dunia, AWeber adalah salah satu penyedia layanan email massal terbaik. Enaknya lagi, AWeber juga menyediakan akun gratis yang bisa kamu coba sebelum membelinya.

Akun gratis AWeber memungkinkan kamu untuk menampung hinga 500 subscriber. Kamu bisa mengirim hingga 3,000 email per bulannya serta menggunakan fitur Web Push Notification hingga 50 ribu kali.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa menikmati sebagian besar fitur yang ditawarkan AWeber, mulai dari pembuatan landing pages, template email, segmentasi klien, integrasi dengan sosial media, hingga menjual produk/jasa lewat AWeber.

Versi Pro-nya sendiri ditawarkan mulai dari $16.15 dollar per bulannya. Selain menghilangkan limit subscriber dan pengiriman email bulanan, kamu akan mendapatkan fitur baru seperti split testing, cart abandonment, custom domain hingga tools analytic lengkap.

3. SendInBlue

SendinBlue merupakan layanan khusus email marketing yang tangguh dengan beragam tools untuk membangun landing page yang menawan, kampanye pemasaran email dan SMS, iklan, dan banyak lagi.

Karena layanan ini relatif masih baru, layanan ini belum mendukung banyak integrasi pihak ketiga seperti beberapa pesaingnya, tetapi layanan ini menebusnya dengan peralatan otomatisasi emailnya yang ramah pengguna.

Salah satu alasan mengapa popularitas SendinBlue meroket adalah paket gratisnya. Akun gratis SendInBlue memungkinkan kamu untuk mengirim hingga 300 email sehari sambil memberi kamu akses ke fitur-fitur canggih yang tidak banyak diberikan pada paket gratis dari provider lainnya.

Tidak cuma itu, SendinBlue juga hadir dengan fitur CRM terintegrasi yang membuatnya lebih sederhana dan dapat digunakan untuk mengelola semua hubungan pelanggan kamu di satu tempat.

4. ConvertKit

ConvertKit adalah solusi email marketing lain yang populer di kalangan blogger profesional dan kreator konten lainnya. ConvertKit memungkinkan kamu untuk menawarkan berbagai hal melalui formulir pendaftaran email.

Blogger baru dapat memulai dengan paket gratis, yang memungkinkan mereka untuk mengelola hingga 1,000 subscriber.

Tidak peduli apakah kamu termasuk pemula atau sudah terbiasa dengan email marketing, ConvertKit dapat membantu kamu mengembangkan website dan bisnis dengan formulir yang mudah disematkan, landing pages, serta beragam template email yang mumpuni.

Selain itu ConvertKit juga memiliki fitur otomatisasi yang ekstensif dan bisa digunakan untuk mengirim pesan yang tepat pada waktu yang tepat kepada orang yang tepat.

Dan setelah selesai dikirim, kamu mendapatkan insight agar kamu bisa memahami pelanggan kamu dengan melacak tingkat konversi yang dihasilkan. Kamu pun naninya bisa menggunakan informasi ini untuk membaut segmentasi subscriber menggunakan tag untuk lebih meningkatkan efektivitas kampanye kamu.

5. Constant Contact

Layanan email marketing lain yang bisa kamu gunakan untuk mengirim email secara massal adalah Constant Contact. Sama seperti MailChimp, Constant Contact adalah layanan yang menawarkan banyak fitur hebat dengan harga terjangkau.

Hal ini membuat layanan menonjol dan menarik, terutama untuk bisnis kecil yang ingin mempromosikan brand mereka kepada khalayak luas tanpa membobol budget mereka.

Saat pertama kali digunakan, kamu akan diminta untuk memilih industri/niche dan pengalaman kamu sebelumnya dengan email marketing. Berdasarkan jawaban kamu, Constant Contact akan melakukan penyesuaian agar kamu bisa mengoptimalkan layanan email marketing ini dengan mudah.

Constanct Contact sendiri dilengkapi ratusan template yang bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan. Kamu pun bisa menggunakan beragam tools keren, mulai dari marketing automation, A/B testing, reporting, social media marketing, SMS marketing, dan masih banyak lagi.

Sayangnya layanan email marketing ini tidak memiliki versi gratis yang bisa kamu gunakan. Namun kamu bisa mencoba layanan free trial selama 90 hari untuk mencoba kualitas layanan mereka.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama