7 Metrik SEO Penting yang Harus Diperhatikan

Metrik SEO adalah titik data atau indikator yang digunakan untuk melacak, mengukur, dan melaporkan kinerja pengoptimalan mesin telusur dari waktu ke waktu. Beberapa metrik SEO yang umum antara lain peringkat kata kunci, trafik organik, rasio klik-tayang, halaman per sesi, bounce rate, pagespeed, tingkat konversi, serta backlink & domain rujukan.

Metrik semacam ini bisa dilihat menggunakan beberapa tools gratis Google seperti Google Analytics maupun Google Search Console. Keberadaan metrik ini dapat memberikan wawasan mengenai kesuksesan web. Nantinya data-data tersebut pun bisa dipakai untuk membantu kita membuat rencana strategi SEO dan upaya pengoptimalannya.

Jadi bagi semua pemilik blog yang ingin sukses, pastikan untuk memperhatikan beberapa metrik SEO penting sebagai berikut.

Mterik SEO penting yang harus diperhatikan

1. Keyword Ranking

Dalam SEO, peringkat kata kunci (keywrd ranking) adalah posisi konten web kita di halaman hasil mesin pencari (SERP) ketika seseorang mencari kata kunci tertentu.

Mengapa peringkat kata kunci penting?

Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik pencarian ke situs web dengan memberi peringkat lebih tinggi untuk kata kunci yang relevan di Google.

Posisi yang lebih baik dapat diraih dengan cara mengoptimalkan dan membuat konten berkualitas secara konsisten. Selain itu ranking sebuah keyword juga akan sangat dipengaruhi oleh banyaknya backlink dari situs dengan otoritas yang tinggi.

Bagaimana Anda melacak peringkat kata kunci?

Karena melacak kata kunci secara manual sangat memakan waktu dan tidak dapat diandalkan saat melacak perkembangan peringkat untuk beberapa lokasi pencarian, perangkat lunak pelacakan peringkat sering digunakan oleh SEO dan tim pemasaran.

Alat pelacak peringkat seperti ini akan memudahkan kita untuk melacak ratusan kata kunci sekaligus, mengelompokkan dan memfilter kata kunci, melihat perubahan peringkat kata kunci, dan mendapatkan wawasan tambahan seperti perkiraan pencarian kata kunci dan potensi lalu lintas.

2. Trafik Organik

Trafik organik adalah lalu lintas atau kunjungan yang datang ke situs kita secara alami melalui hasil pencarian Google. Jadi ketika ada seseorang yang mencari kata kunci tertentu dan mengklik web kita yang muncul di hasil pencarian, maka trafik yang datang ke web tersebut dinamakan trafik organik.

Jadi orang lain berkunjung ke situs kita bukan karena kita membayar iklan agar web muncul di peringkat teratas.

Mengapa lalu lintas organik penting?

Menurut perusahaan SEO Brightedge, 53% lalu lintas berasal dari pencarian organik, sehingga lalu lintas organik mempertahankan posisinya sebagai sumber dominan lalu lintas web yang dapat dilacak.

Memberi peringkat pada halaman pertama SERP Google untuk kata kunci sesuai permintaan dapat menghasilkan banyak lalu lintas organik yang berharga ke situs web, menghasilkan lebih banyak konversi seperti prospek dan penjualan.

Bagaimana cara melacak lalu lintas organik?

Hal ini dapat dilacak menggunakan alat analitik situs web seperti Google Analytics (GA). Di GA, kita bisa mengelompokkan lalu lintas situs berdasarkan sumber seperti penelusuran organik, situs perujuk, dan lalu lintas langsung.

Selain itu kita juga bisa menelusuri data tambahan tentang lalu lintas organik situs , seperti data lokasi (negara, provinsi, wilayah, kota), browser dan perangkat yang digunakan.

3. Clikthrough Rate (CTR)

Clickthrough Rate (CTR) atau rasio klik-tayang adalah jumlah klik yang diterima halaman situs dari daftar peringkatnya di hasil pencarian dibagi dengan berapa kali daftar halaman ditampilkan.

Semakin besar nilainya, maka semakin banyak orang yang mengklik ketika website kita muncul di hasil pencarian Google.

Cara menghitung clickthrough rate (CTR)

Mengapa CTR penting?

CTR Organik adalah metrik penting untuk memahami laman berperforma tinggi dan berperforma rendah yang diberi peringkat dalam hasil penelusuran. CTR dapat membantu pemilik web untuk memahami seberapa relevan judul dan deskripsi halaman bagi pencari dalam kaitannya dengan kata kunci yang mereka cari.

Bagaimana cara melacak CTR?

Cara terbaik untuk melacak CTR dari traffic Google adalah dengan menggunakan Google Search Console (GSC). Bersamaan dengan data klik, pemilik web juga dapat memeriksa tayangan halaman (frekuensi halaman muncul di hasil pencarian untuk kata kunci), posisi peringkat kata kunci rata-rata, dan wawasan tambahan untuk mengelola dan mengoptimalkan kehadiran situs web di Google Search

JIka kamu menggunakan Bing, nilai CTR juga dapat dilacak menggunakan Bing Webmaster Tools.

4. Bounce Rate

Bounce rate atau rasio pentalan dihitung dengan mengambil sesi satu halaman dibagi dengan semua sesi di situs kamu dalam jangka waktu tertentu. Semakin tinggi nilainya, maka semakin sering pula orang pergi setelah hanya membaca satu halaman saja.

Mengapa rasio pentalan penting?

Persentase rasio pentalan yang lebih rendah menunjukkan bahwa lebih banyak pengguna berinteraksi dengan 2 halaman atau lebih dalam sesi mereka.

Meskipun rasio pentalan tidak dianggap sebagai faktor peringkat langsung, fokus pada penurunan bounce rate dapat membantu kita untuk memahami jenis konten yang disukai pengunjung dan berpotensi meningkatkan tindakan konversi seperti penjualan.

Bagaimana cara melacak rasio pentalan?

Di Google Analytics, kita dapat melacak rasio pentalan dalam berbagai laporan mengenai trafik. Misalnya, kita bisa menelusuri GA untuk melihat rasio pentalan berdasarkan segmen lalu lintas tertentu seperti rasio pentalan lalu lintas pencarian organik, serta rasio pentalan untuk halaman atau kumpulan halaman tertentu.

5. Kecepatan Halaman

Kecepatan halaman akan membantu kita untuk memahami seberapa cepat konten web kita dapat dilihat oleh pengunjung.

Kecepatan halaman jadi metrik SEO penting untuk website

Mengapa kecepatan halaman penting?

Kecepatan halaman penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik saat orang mengunjungi halaman situs web di perangkat seluler dan desktop. Kecepatan halaman juga merupakan faktor langsung dalam meningkatkan peringkat halaman di Google Penelusuran.

Selain itu, 5 detik pertama waktu muat halaman memiliki dampak terbesar pada rasio konversi. Pertimbangkan statistik konversi kecepatan halaman ini yang ditemukan oleh agen pemasaran digital Portent – tingkat konversi situs web turun rata-rata 4,42% dengan setiap detik tambahan waktu muat (antara detik 0 hingga 5).

Bagaimana cara memeriksa kecepatan halaman?

Kita dapat memeriksa kecepatan halaman situs web dengan Google PageSpeed Insights. Selain itu kita juga bisa menguji kecepatan web di layanan gratis seperti GTmetrix dan Pingdom. Memeriksa kecepatan halaman dengan semua alat ini dapat membantu untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang potensi masalah dan saran pengoptimalan.

Saat diperiksa, kita akan mendapatkan skor yang menunjukan secara detail bagian mana saja yang membuat loading website lambat. Dengan begitu kita bisa lebih mudah mengambil tindakan agar loading website bisa diperbaiki segera.

6. Konversi

Konversi didefinisikan sebagai satu atau serangkaian tindakan yang diambil oleh pengguna yang sama dengan hasil atau sasaran yang diinginkan. Contoh tindakan konversi termasuk mengisi formulir, menelepon nomor, mendaftar uji coba gratis, berlangganan daftar email, atau mengunduh konten.

Mengapa konversi penting?

Konversi menyediakan cara untuk menentukan jenis upaya SEO apa yang mengarah pada hasil yang kita inginkan. Strategi SEO berbasis data untuk memantau metrik dan konversi SEO dari waktu ke waktu dapat membantu pmilik web untuk memaksimalkan konversi situs web organik dari lalu lintas mesin telusur.

Bagaimana cara melacak konversi?

Cara melacak konversi bergantung pada jenis tindakan yang dianggap sebagai konversi. Kita sering dapat menggunakan dan mengintegrasikan Google Analytics dengan sumber tindakan seperti situs web dan formulir halaman, perangkat lunak pelacakan panggilan, dan alat pemasaran email.

Setelah sumber konversi terintegrasi, kita dapat mengaitkan sumber tindakan ini dengan peristiwa Google Analytics yang dapat dilacak, lalu membuat sasaran yang dapat dilacak di Google Analytics yang didasarkan pada peristiwa tersebut.

Backlink atau tautan balik, juga dikenal sebagai tautan masuk atau tautan masuk eksternal, adalah tautan yang mengarah ke halaman di situs web kita dari situs web lain.

Mengapa backlink penting?

Tautan balik adalah faktor peringkat penting di samping faktor peringkat utama lainnya yang terkait dengan konten situs, tautan internal, dan kecepatan situs.

Bagaimana cara melacak backlink?

Kita dapat melacak backlink dan domain rujukan (situs web yang menyediakan backlink) menggunakan perangkat lunak SEO yang menyediakan data backlink seperti Semrush atau SE Ranking.

Tidak hanya melacak backlink yang kita dapat, tools tersebut juga bisa melacak backlink milik website kompetitor. Dengan begitu kita bisa menyalin strategi backlink mereka untuk keuntungan kita.


Menerapkan SEO pada sebuah website tidak bisa hanya dilakukan satu kali saja. Penting juga untuk melacak performa web dari waktu ke waktu untuk melihat apakah ada konten yang berhasil masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google atau tidak.

Dengan beberapa metrik SEO di atas, kita bisa melihat performa sebuah konten dibanding kompetitor mereka. Dengan data-data yang ada, kita pun bisa langsung mengambil tindakan agar peringkat konten bisa lebih baik dibanding sebelumnya. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama