7 Tempat Beli Domain Murah di Indonesia

Tempat beli nama domain murah Indonesia jadi pilihan bagi siapa saja yang ingin meng-online-kan website atau bisnis mereka. Di tempat ini, kita bisa mendaftarkan alamat website, sekaligus menyewa hosting bila perlu.

Tempat beli nama domain murah Indonesia

Dengan banyaknya layanan domain registrar di Indonesia, kita tidak perlu lagi mencari ke luar negeri hanya untuk membeli nama domain.

Tidak cuma itu, layanan lokal ini pun memudahkan kita mengingat layanan dan metode pembayaran yang digunakan pun tersedia dalam bahasa Indonesia.

Dengan harga yang sangat bersaing, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat beli nama domain murah Indonesia yang bisa dikunjungi.

Di Mana Beli Domain Murah Terpercaya?

1. Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2013. dengan 500 ribu klien yang tersebar di seluruh Indonesia, Niagahoster juga jadi pilihan yang pas sebagai tempat daftar domain murah Indonesia.

Niagahoster jadi tempat beli domain terbaik

Satu hal yang menjadi kelebihan registrar ini adalah terdaftarnya Niagahoster di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers ). Ini artinya Niagahoster memiliki tingkat kepercayaan tinggi bagi individu yang ingin mendaftarkan nama domain mereka.

Di sini kita bisa menemukan beragam piihan ekstensi domain, mulai dari yang populer seperti .com, .net, atau .org, hingga domain lokal seperti .id, .web.id, atau .my.id.

Setiap user pun mendapatkan fitur lengkap untuk mengelola nama domain melalui fitur DNS Management, Domain Forwarding, dan masih banyak lagi. Dan jangan khawatir nama domain akan 'tersandera' oleh registrar karena Niagahoster menyediakan fitur Unlock Domain jika ingin mentransfer domain ke registrar lain.

Hal yang tidak kalah menariknya adalah integrasi cepat dengan Blogspot. Jadi bagi siapa saja yang ingin membeli nama domain saja dan memasangkannya pada Blogger/Blogspot, proses pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah melalui kontrol panel Niagahoster.

2. IDCloudhost

Tempat beli nama domain murah lainnya adalah IDCloudhost, penyedia layanan web hosting dengan server di Inggris dan berbagai negara di Asia.

IDCloudhost jadi tempat beli domain murah di Indonesia

Di situs ini, kita bisa mendaftarkan berbagai nama domain. IDCloudhost bahkan mengklaim diri sebagai tempat beli domain termurah untuk TLD .id dengan 2-4 karakter.

Tidak cuma TLD populer, IDCLoudhost juga memiliki koleksi TLD lain yang tidak kalah keren seperti .xyz, .top, .asia, .site, .space, dan maish banyak lagi. Bila butuh domain untuk organisasi lokal, IDCLoudhost pun menyediakan domain dengan TLD seperti .co.id, .ac.id, .ponpoes.id, dan masih banyak lagi.

Setiap pembelian domain akan disertai dengan panel manajemen yang mudah digunakan. Melalui panel ini kita bisa mengaktifkan fitur ID Protection, Domain Locking Protection, DNSSEC, dan maish banyak lagi.

Satu hal yang menarik, IDCloudhost juga menyediakan fitur CMS & Social Media Connect. Dengan begitu pemilik domain bisa menghubungkan sosial media apapun untuk membuat domain dan hosting tampak profesional.

3. Domainesia

Domainesia adalah penyedia layanan web hosting yang bermarkas di Sleman, Yogyakarta. Berpengalaman sejak tahun 2009, Domainesia juga jadi salah satu rekomendasi tempat daftar nama domain murah di Indonesia.

Tempat beli domain ID Domainesia

Domainesia sendiri memiliki lebih dari 50 ekstensi domain yang bisa dipilih. Mereka pun sudah terakreditasi PANDI (Pengelola Nama Domain di Indonesia) dan menyediakan layanan pendaftaran nama domain dengan TLD lokal seperti .id, .my.id, dan lainnya.

Saat mendaftar, user akan mendapatkan kontrol panel dengan fitur lengkap mulai dari Domain Forwarding untuk mengarahkan nama domain ke medsos atau toko online, Private Whois untuk melindungi data nama domain, hingga integrasi mudah dengan berbagai platform blog seperti Wordpress, Blogger, atau Tumblr.

Satu hal yang menarik, Domainesia memiliki fitr Domain Suggestion yang bisa memberi saran nama domain berdasarkan kata kunci tertentu. Nama domain yang cocok pun bisa langsung didaftarkan dengan mudah di Domainesia.

4. JagoanHosting

JagoanHosting adalah bagian dari PT. BEON Intermedia yang fokus pada layanan cloud hosting. Dengan klien seperti Bank Mandiri dan berbagai institusi pendidikan di Indonesia, JagoanHosting patut jadi rekomendasi selanjutnya.

JagoanHosting menyediakan tempat beli domain terbaik di Indonesia

Untuk nama domain, JagoanHosting menawarkan lebih dari 100 ekstensi. Selain TLD populer, kita pun bisa memilih domain sesuai kebutuhan, seperti bisnis (.store, .shop, atau .online), pendidikan (.guru, .academy, .sch.id), atau sesuai niche (.photography, .tech, .shoes)

Setiap pembelian domain akan dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti,

  • DNS Management: Untuk mengarahkan domain ke DNS tertentu di server lain melalui nilai A Record, CNAME,  MX, dan lainnya.
  • Whois Protection: Pilihan opsional ntuk menyembunyikan data pribadi yang digunakan saat mendaftar nama domain.
  • Domain Forwarding: Untuk meneruskan nama domain ke alamat website lain, email, atau akun sosial media.

Pelayanan dan keamanan pun menjadi poin penting bagi JagoanHosting yang sudah tersertifkasi ISO 9001:2015 & ISO 27001:2013. Jadi bila butuh rekomendasi tempat daftar nama domain murh terpercaya, JagoanHosting bisa jadi solusi.

5. IDWebhost

IDWebhost adalah salah satu layanan hosting tertua yang sudah ada sejak tahun 2005. Berkantor di Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta, IDWebhost juga jadi layanan hosting pertama di Indonesia yang memperoleh akreditasi dari ICANN.

IDWebhost jadi tempat beli domain hosting sekaligus

Hal ini tentu membuat IDWebhost jadi tempat beli domain murah yang bisa dipercaya dan diandalkan. Makanya tidak heran jika mereka memiliki lebih dari 120 ribu nama domain terdaftar.

Harga murah jadi salah satu nilai jual IDWebhost. Dalam meomen-momen tertentu, IDWebhost bahkan menawarkan harga promo yang membuat siapa saja bisa memiliki nama domain dengan harga yang sangat terjangkau.

Pilihan ekstensi yang disediakan pun sangat beragam, mulai dari yang populer seperti .com atau .net, hingga TLD baru seperti .computer, .technology, .guru, .company, .email, dan maish banyak lagi.

Sama seperti registrar lainnya, IDWebhost juga menawarkan kontrol panel dengan berbagai fitur seperti DNSSEC, Domain Lock, Managed DNS, hingga Domain Forwarding. Selain itu tersedia pula layanan support 24 jam yang siap membantu mengatasi semua masalah pelanggan mereka.

6. RumahWeb

Penyedia hosting tertua di Indonesia lainnya yang juga cocok jadi tempat beli nama domain murah adalah RumahWeb.

RumahWeb jadi tempat beli domain terpercaya

Beroperasi sejak tahun 2002, RumahWeb juga sudah terakreditasi ICANN. Mereka pun jadi salah satu registrar PANDI dan menangani seluruh pendaftaran ekstensi lokal dengan market share mencapai 60%.

RumahWeb sendiri termasuk salah satu registrar yang menawarkan TLD terlengkap dari berbagai niche, seperti:

  • Kesehatan: .club, .yoga, .fitness, .clinic
  • Makanan: .kitchen, .coffee, .pizza
  • Perumahan: .estate, .construction, .property
  • Profesi: .coach, .dentist, .expert
  • Teknologi: .software, .stream, .click

Domain yang sudah dibeli pun nantinya akan dalam kendali penuh pemiliknya. Dengan begitu user bisa mengarahkan domain sesuka hati, memberinya proteksi, atau memindahkannya ke registrar lain tanpa masalah.

Nama domain bahkan bisa langsung terkoneksi dan diarahkan ke akun sosial media apa saja. Hal ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin melakukan branding melalui platfom sosmed apapun, atau sekadar mengamankan nama domain yang cocok dengan brand mereka.

7. DewaWeb

DewaWeb adalah layanan hosting lokal pertama yang benar-benar sepenuhnya berbasis cloud. Hosting yang sudah ada sejak tahun 2014 juga menjadi registrar, tempat user bisa beli nama domain murah untuk beragam keperluan, seperti blog pribadi, web portfolio, bisnis online, landing page, website sekolah/perusahaan, dan masih banyak lagi.

DewaWeb jadi tempat beli domain dan hosting terpercaya di Indonesia

Harga yang ditawarkan Dewaweb tergolong murah. User pun bisa mendapatkan nama domain gratis untuk setiap pembelian paket hosting. Selama hosting diperpanjang, maka user tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa memiliki nama domain di DewaWeb.

Di sini user bisa memilih beragam ekstensi, mulai dari generic Top-Level Domain (gTLD) seperti .com, .org, hingga .net, atau country code Top-Level Domain (ccTLD) Indonesia seperti .co.id, .my.id, .biz.id, .web.id, dan .id.

Setiap domain juga sudah dibekali panel domain yang sudah dilengkapi fitur seperti DNS Management, Domain Forwarding, Domain Lock, dan DNSSEC. Sebagai tambahan, user juga bisa menambahkan fitur WHOIS Privacy Protection dengan harga yang sangat bersaing.

Tips Memilih Nama Domain

Meski nama domain bisa saja diganti suatu saat, sangat dianjurkan untuk tidak mengubah nama domain agar tidak mempengaruhi reputasi web yang sudah dibangun, atau membuat pengunjung bingung.

Karena itulah, kita perlu berhati-hati saat memilih nama domain agar sesuai dengan kebutuhan dan bisa memberikan sedikit keuntungan SEO.

Untuk bisa menemukan domain yang tepat, berikut adalah beberapa tips memilih nama domain yang bisa docoba.

Singkat dan Mudah Diingat

Semakin singkat sebuah domain, tentu akan semakin mudah diingat pengujung selama nama domain tersebut tidak sulit diucapkan.

Jadi ada baiknya jika kita memilih nama domain yang tidak lebih dari tiga suku kata. Jika terpaksa menggunakan nama domain yang panjang, kita bisa menggunakan dua kata yang mudah dibaca dan diingat.

Pilih Nama Domain yang Mudah Disebutkan

Untuk membuat nama domain yang mudah disebutkan, hindari kombinasi rumit menggunakan angka atau tanda sambung yang bisa membingungkan.

Cantumkan Nama Brand

Bila ingin memilih nama domain untuk sebuah usaha, pastikan nama brand juga tercantum pada nama domain agar pengunjung dapat mengenalinya dengan mudah.

Gunakan Kata Kunci

Dahulu penggunaan kata kunci dapat membantu meningkatkan niai SEO sebuah nama domain. Meski kini nilainya tidak lagi sama, menggunakan kata kunci pada domain tetap membawa keuntungan tersendiri, terutama untuk memberitahu pengunjung mengenai niche bisnis online atau website kita.

Tidak cuma itu, penggunaan kata kunci / keyword yang tepat dan relevan juga bisa meningkatkan peluang website atau bisnis online kita agar muncul di halaman pertama mesin pencari.

Optimasi dengan Lokalisasi

Nama domain bisa juga disesuaikan dengan lokasi bisnis atau target tertentu untuk mengoptimalkan local SEO serta mempermudah kita meraih peringkat untuk wilayah tertentu.

Hindari Plesetaan Nama Brand Populer

Menggunakan nama domain yang mengandung nama brand populer, atau bahkan sekadar plesetannya, bisa membuat nama domain tersebut bermasalah. Bila cukup serius, kita bahkan bisa berurusan dengan hukum.

Proteksi Nama Domain

Bagi pemilik brand tertentu yang ingin mengamankan nama domain bisa mempertimbangkan untuk membeli beberapa ekstensi domain populer untuk merek tersebut.

Jadi meski sudah memiliki nama domain dengan TLD .com, tidak ada salahnya untuk membeli nama domain yang sama dengan TLD .net atau .id untuk mencegah domain tersebut jatuh ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Cek Ketersediaan Domain

Setelah mendapatkan nama domain yang sesuai, pastikan untuk memeriksa keersediaannya agar bisa segera didaftarkan.

Setiap registrar umumnya mampu mendeteksi apakah sebuah nama domain sudah diaftarkan atau belum. Bila belum, kita bisa membelinya langsung dan membuatnya jadi milik kita sendiri.


Itulah dia beberapa rekomendasi tempat beli nama domain murah di Indonesia yang bisa dipertimbangkan.

Tidak kalah dengan registrar luar, registrar lokal pun sangat bisa diandalkan, apalagi layanan serta cara pembayarannya sudah menyesuaikan dengan cara umum di Indonesia. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama