6 Tips dan Trik SEO Off-Page untuk Website dan Bisnis Online

SEO adalah salah satu kunci dalam membuat website dan bisnis online yang sukses. Salah satu tekniknya adalah SEO Off-Page yang dapat membantu meningkatkan peringkat, visibilitas mesin pencari, dan lalu lintas web.

Optimisasi mesin pencari dengan SEO Off-Page menjelaskan penggunaan metode di luar situs web untuk meningkatkan posisi peringkat kata kunci dalam hasil pencarian dan visibilitas mesin pencari secara tidak langsung. Keberadaan SEO off-page ini nantinya akan melengkapi SEO on-page.

Berikut adalah 7 tips SEO off-page yang bisa dilakukan pemilik website atau usaha kecil.

Tips dan trik SEO Off-Page

1. Link Building

Ini adalah hal pertama dan terpenting yang akan membantu situs web meraih peringkat lebih tinggi di mesin telusur. Dengan memiliki situs otoritatif yang memberikan tautan balik (backlink), popularitas sebuah situs web akan meroket.

Lalu, apa cara terbaik untuk membangun tautan yang kredibel? Berikut adalah beberapa teknik dan ide membangun backlink yang perlu diingat.

  • Buat konten berkualitas tinggi yang informatif dan menarik untuk audiens yang menjadi target.
  • Jalin hubungan dengan pelanggan, pakar di bidangnya, influencer, dan merek lain yang dapat bekerja berdampingan dengan apa yang dapat ditawarkan oleh website atau brand yang kita miliki.
  • Berkolaborasi dengan influencer untuk dapat me-mention atau memberikan backlink ke situs web serta produk yang kita miliki.

Selain cara tersebut, pemilik website atau bisnis online juga bisa memanfaatkan tools SEO untuk menemukan peluang membangun tautan.

Perangkat lunak SEO all-in-one seperti Semrush atau Ahref menawarkan fitur untuk menganalisis situs web dan profil backlink pesaing untuk menemukan peluang tautan berkualitas tinggi dengan cepat.

2. Manfaatkan Sosial Media

Menurut statistik, pemasaran melalui sosial media adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis saat ini.

Meskipun tren di media sosial bukanlah cara yang pasti untuk menentukan peringkat di Google, hal ini tetap harus dipertimbangkan untuk mendorong lebih banyak trafik rujukan ke situs kita.

Hal ini dapat dilakukan dengan membangun akun bisnis di Facebook dan Instagram dan membuat postingan yang relevan namun menarik. Sekali lagi, postingan harus menyertakan konten bagus yang akan membuat calon pelanggan tertarik dan mau mengunjungi situs web kita.

Setelah menghasilkan lebih banyak brand awareness dan trafik web, keberhasilan dalam sosial media marketing dapat meningkatkan tautan ke konten web kita, serta meningkatkan peringkat di mesin pencari.

3. Cantumkan Bisnis di Situs Ulasan & Direktori

Salah satu hal paling keren tentang situs ulasan (Review) adalah mereka dapat membantu orang mengenal sebuah bisnis online dari mana saja.

Bagi pemilik binsis, penting untuk mencantumkan bisnis tersebut di situs seperti Google My Business, dan mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan online tentang produk atau layanan kita.

Semakin banyak ulasan positif yang dimiliki, semakin bereputasi pula bisnis tersebut di mesin pencari, yang juga dapat meningkatkan peringkat pencarian.

4. Aktif di Berbagai Komunitas Online

Sebagai langkah ekstra, pemilik website dan bisnis online bisa meningkatkan kehadiran online mereka dengan terlibat dengan profil lain yang relevan.

Misalnya, salah satu strategi terbaik yang dapat diterapkan adalah mengomentari kiriman forum yang membahas topik yang terkait dengan produk atau layanan kita. Kita pun bisa berkolaborasi dengan blog untuk menulis postingan unik untuk audiensnya.

Tidak hanya mendidik bagi siapa pun yang mengikuti blog, hal ini juga dapat mendorong lebih banyak lalu lintas organik ke situs web kita. Kemungkinan orang yang tertarik dengan topik tertentu yang sedang didiskusikan akan mengunjungi situs kita atau menelusuri bisnis kita untuk mempelajari lebih lanjut.

Dalam jangka panjang, website atau bisnis yang kita miliki pun bisa mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari.

5. Pertimbangkan untuk Memulai Podcast

Membuat podcast jadi tips SEO Off-Page yang tidak biasa

Satu hal yang tidak biasa tetapi tetap kreatif. Dengan belum banyaknya website atau brand yang melakukannya , menggunakan podcast sebagai strategi pemasaran untuk sebuah merek tidak sekompetitif blogging.

Untuk melakukannya, targetkan pelanggan potensial dengan podcast yang akan dibuat. Buat podcast dengan topik yang relevan dengan konten website atau produk yang kita buat. Selain itu kita juga bisa melakukan sesi tanya jawab tentang berbagai aspek produk atau layanan kita, atau mengundang pakar seputar niche yang dimiliki website kita.

Saat podcast menjadi populer, itu berpotensi mendapat peringkat di mesin pencari seperti Google, termasuk website dan brand yang kita miliki.

6. Lakukan Video Marketing

Menurut Forbes, YouTube adalah salah satu dari lima situs web teratas yang harus digunakan oleh setiap pemilik bisnis untuk keuntungan mereka. Saat ini, banyak orang mengunjungi YouTube untuk ulasan jujur atau informasi lebih lanjut tentang suatu produk atau layanan dalam format video.

Dengan mengingat hal ini, konten video dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan lebih banyak audiens target ke situs kita. Selain Youtube, kita pun bisa melakukan video marketing di situs lain seperti Instagram atau TikTok.

Untuk membuat video yang sesuai untuk promosi, berikut adalah langkah-langkah yang harus diingat:

  • Kerjakan thumbnail berkualitas tinggi untuk menarik perhatian orang.
  • Tambahkan transkrip di halaman tempat kita memposting video.
  • Gunakan judul dan tag deskriptif dan ekspresif.
  • Siapkan deskripsi yang mengandung kata kunci yang sudah kita bidik.

Memiliki peringkat lebih tinggi di Google berarti lebih banyak kredibilitas, reputasi hebat, dan, tentu saja, lebih banyak penjualan.

Mudah-mudahan, setelah melihat 7 tips SEO off-page teratas ini, pemilik website dan bisnis online bisa membawa strategi baru untuk meningkatkan SEO mereka ke level berikutnya. (ReviewBlogSEO.blogspot.com)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama